Wednesday, October 27, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Olahraga Rutin Merupakan Ikhtiar Agar Terhindar dari Virus Corona

Olahraga Rutin Merupakan Ikhtiar Agar Terhindar dari Virus Corona

Reporter : Hendra Trisianto
PAITON – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs H Hasan Aminuddin M.Si mempunyai cara unik untuk memasyarakatkan salah satu olahraga murah dan mudah yang saat ini sangat digemari, yakni olahraga bersepeda.

Pada salah satu agendanya saat menyalurkan bantuan sosial kepada ratusan masyarakat terdampak COVID-19 di Dusun Penangan Desa Kalikajar Wetan Kecamatan Paiton, Sabtu (11/7/2020) pagi, suami dari Bupati Probolinggo Hj P Tantriana Sari SE ini hadir dengan menaiki sepeda lipat bersama komunitas Probolinggo Sepeda Lepet (Prospet).

Komunitas bersepeda yang juga didalamnya beranggotakan para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo serta anggota legislatif DPRD Kabupaten Probolinggo itu memang sedang istiqomah bersepeda dengan jalur lintas desa. Selain untuk meningkatkan kesehatan hal ini sebagai media silaturahim bersama warga masyarakat desa dan antar anggota komunitas Prospet.

Kehadiran mantan Bupati Probolinggo dua periode bersama rombongan bersepeda ini sontak menarik perhatian warga masyarakat sekitar saat itu. Dalam sambutannya, Hasan Aminuddin mengatakan kehadirannya saat ini selain untuk silaturahim juga untuk mengajak semuanya untuk rutin berolahraga, karena hal ini juga salah satu ikhtiar agar terhindar dari virus corona.

“Virus corona ini mewabah tidak hanya di Indonesia tetapi di seluruh dunia dan sampai saat ini semua dokter dunia pun belum mampu menciptakan obatnya. Oleh karena itu marilah kita jadikan sebagai introspeksi diri atas kesombongan-kesombongan kita selama ini,” ungkap Mustasyar PCNU Kabupaten Probolinggo dan Kota Kraksaan ini.

Hasan Aminuddin mengemukakan meskipun virus Corona belum ditemukan obatnya namun ada beberapa ikhtiar yang bisa dilakukan agar selalu terhindar dari virus yang menyerang sistem pernafasan tersebut. Diantaranya adalah sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak aman serta istiqomah dalam menggunakan masker untuk menghindari droplet.

“Jadi dengan mengistiqomahkan tiga hal tersebut maka pahalanya ada dua yang bisa kita dapatkan, yakni pahala karena ikhtiar menyelamatkan diri sendiri serta pahala karena telah menyelamatkan orang lain. Oleh karena itu bantuan sosial yang kami salurkan saat ini berupa masker dan peralatan pelindung diri seperti sabun tangan dan sabun cuci pakaian,” tandasnya. (dra)