Tuesday, October 26, 2021
Depan > Kesehatan > Nilai Keamanan dan Efektivitas, Vaksin COVID-19 Masih Jalani Uji Klinis

Nilai Keamanan dan Efektivitas, Vaksin COVID-19 Masih Jalani Uji Klinis

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Juru Bicara Pelaksana Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica mengatakan saat ini belum ada vaksin COVID-19 yang memiliki ijin edar, yang ada adalah calon/ kandidat vaksin COVID-19.

“Uji klinis tahap III yang saat ini sedang berlangsung di Bandung dilakukan untuk menilai keamanan dan efektivitas vaksin. Hal itu diperkirakan selesai pada akhir tahun 2020,” katanya.

Menurut Dewi, pada saat itu, bila nanti hasilnya terbukti aman dan efektif, maka vaksin COVID-19 akan mendapatkan ijin edar dari Badan POM dan mulai disuntikkan kepada masyarakat.

“Kandidat vaksin COVID-19 di Indonesia masih dalam penelitian. Risiko atau potensi bahaya dari vaksin/obat pasti ada, sehingga harus melewati uji klinis pada manusia yang panjang sebelum diberikan massal,” jelasnya.

Lebih lanjut Dewi menerangkan membahas potensi bahaya yang mungkin terjadi, intinya virus yang sering mutasi, risiko tinggi struktur antigennya ada yang beda sehingga belum tentu 100% dinetralisir oleh antibodi yang sudah terbentuk di infeksi sebelumnya, akhirnya menimbulkan reaksi berlebihan.

“Semuanya masih mungkin, jadi belum bisa disimpulkan bahaya tidaknya, sampai ada hasil uji klinisnya. Setelah pemberian vaksin pun COVID-19 tidak akan langsung hilang dalam sekejap,” terangnya.

Dewi menambahkan berharap pada vaksin boleh saja tapi jangan berlebihan. “Sambil menunggu hasil uji klinis vaksin selesai, lakukan saja dulu “vaksin” yang sudah jelas terbukti mengurangi risiko penularan. Yaitu 3M (mancuci tangan pakai sabun dan air mengalir/sanitizer, memakai masker dengan benar dan menjaga jarak). Salam sehat selalu,” pungkasnya. (wan)