Senin, Oktober 15, 2018
Beranda > Kesehatan > Tingkatkan Kualitas SBH, Dinkes Beri Pembekalan Krida

Tingkatkan Kualitas SBH, Dinkes Beri Pembekalan Krida

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dalam rangka meningkatkan kualitas Saka Bakti Husada (SBH), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo memberikan pembekalan Krida SBH, Jumat (13/4/2018). Pembekalan ini diikuti oleh 30 orang SBH dari Kecamatan Kraksaan, Paiton, Leces, Maron dan Kotaanyar.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo dr. Shodiq Tjahjono ini dihadiri oleh pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo serta jajaran Dinkes dan SBH Kabupaten Probolinggo.

Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo dr. Shodiq Tjahjono mengungkapkan Satuan Karya Pramuka Bakti Husada adalah salah satu jenis Satuan Karya Pramuka yang merupakan wadah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan praktis dalam bidang kesehatan yang dapat diterapkan pada diri, keluarga, lingkungan dan mengembangkan lapangan pekerjaan di bidang kewirausahaan.

“Tujuan dibentuknya Saka Bakti Husada adalah memberikan wadah pendidikan dan pembinaan bagi para pramuka penegak dan pandega untuk menyalurkan minat, mengembangkan bakat, kemampuan dan pengalaman dalam bidang pengetahuan dan teknologi serta ketrampilan bidang kesehatan yang dapat menjadi bekal bagi kehidupan dan penghidupannya untuk mengabdi pada masyarakat, bangsa dan negara,” ungkapnya.

Menurut Shodiq, pembekalan Krida SBH ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan Krida SBH di Kabupaten Probolinggo. Oleh karena itu, apa yang didapat nantinya diharapkan mampu disebarluaskan lagi kepada masyarakat di gudepnya masing-masing.

“Semoga kegiatan ini bisa menjadi bekal dalam menyebarluaskan informasi kesehatan kepada masyarakat sehingga menjadi kader yang bermanfaat. Karena ilmu itu akan bermanfaat apabila dimanfaatkan dan disampaikan kepada orang lain,” tegasnya.

Sementara Kasi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Kabupaten Probolinggo Sri Rusminah mengatakan sasaran dibentuknya Saka Bakti Husada adalah agar para anggota Gerakan Pramuka yang telah mengikuti kegiatan saka memiliki pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman dalam bidang kesehatan, khususnya tentang lingkungan sehat, keluarga sehat, penanggulangan penyakit, gizi, obat, perilaku hidup bersih dan sehat.

“Selain itu mampu memberikan pengetahuan dan ketrampilan tentang kesehatan kepada para anggota pramuka di gugus depan (gudep) masing-masing, memiliki sikap dan perilaku hidup sehat serta menjadi contoh bagi teman sebaya, keluarga dan masyarakat di lingkungannya. Serta mau dan mampu menyebarluaskan informasi kesehatan tersebut kepada masyarakat,” katanya. (wan)