Sabtu, Mei 26, 2018
Beranda > Pendidikan > Tingkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Pelibatan Keluarga

Tingkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Pelibatan Keluarga

Reporter : Syamsul Akbar
GADING – Bimbingan teknis (bimtek) penyelenggaraan pendidikan keluarga tahun 2018 yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo di Kampoeng Kita Hotel dan Waterpark Desa Condong Kecamatan Gading resmi berakhir, Senin (30/4/2018) siang.

Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang peserta terdiri dari Penilik PAUD, Pengawas TK, Pengawas SD, Pengawas SMP, Kepala Sekolah Kelompok Bermain, Kepala Sekolah TK Negeri Pembina, Kepala Sekolah SD Negeri, Kepala Sekolah SMP Negeri, Kepala SKB (Sanggar Kegiatan Belajar), Komite SD, Komite SMP, Himpaudi, IGTKI, Forum PKBM serta Dispendik Kabupaten Probolinggo.

Bimtek yang mengambil tema “Dengan Melalui Pendidikan Keluarga Kita Tumbuh Kembangkan Karakter dan Budaya Prestasi Anak” dilaksanakan mulai Jum’at hingga Senin (27-30/4/2018).

Kasi Kurikulum dan Penilaian PAUD dan PNF Dispendik Kabupaten Probolinggo Roy Iskandar mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas para pelaku pendidikan mengenai pelibatan keluarga pada penyelenggaraan pendidikan dan mendorong implementasi di satuan pendidikan.

“Semua peserta sudah membentuk rencana tindak lanjut kepada SD binaan masing-masing sehingga untuk tahun ini akan disiapkan 51 satuan pendidikan model untuk pengembangan pendidikan keluarga dan akan disusun didalam RKAS. Harapannya SD model ini akan dijadikan contoh sekolah di sekitarnya,” katanya.

Salah satu peserta bimtek, Pengawas Pembina SMP Edy Santoso mengaku bangga karena Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo mmperoleh kepercayaan dari Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Kemendikbud Tahun 2018 menjadi salah satu dari 70 kota/kabupaten untuk menyelenggarakan Pendidikan Keluarga. “Dari kegiatan ini kami memperoleh penguatan pemahaman manfaat keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak,” ungkapnya.

Menurut Edy, ada beberapa manfaat yang didapat dari pendidikan keluarga. Manfaat untuk orang tua diantaranya, meningkatkan keinginan orang tua untuk terus belajar, meningkatkan harapan orang tua pada anak, meningkatkan kerjasama orang tua dengan sekolah. “Sedangkan manfaat untuk sekolah adalah mendukung iklim sekolah lebih baik, meningkatkan semangat kerja guru dan mendukung kemajuan sekolah secara keseluruhan,” tegasnya.

Terpisah Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Dewi Korina mengaku sangat bersyukur karena bimtek penyelenggaraan pendidikan keluarga di Kabupaten Probolinggo telah dapat dilaksanakan dengan baik. “Selanjutnya peserta bimtek penyelenggaraan pendidikan keluarga akan melaksanakan sosialisasi pada satuan pendidikan sasaran guna mengimplementasikannya secara berkesinambungan,” katanya.

Menurut Dewi, adapun program utama pelibatan keluarga di sekolah antara lain pertemuan orang tua dengan wali kelas minimal 2 kali setiap semester, mengikuti kelas parenting minimal 2 kali setiap tahun, pelibatan orang tua terpilih sebagai narasumber kelas inspirasi, pelibatan orang tua dalam pameran karya dan pentas akhir tahun.

Selama kegiatan para peserta mendapatkan materi dari beberapa narasumber. Yakni, Kebijakan Direktorat Pendidikan Keluarga oleh Dra Palupi Raraswati, MAP, Kasubdit Pendidikan Orang Tua Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Direktorat Jendral PAUD dan Dikmas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (wan)