Rabu, September 19, 2018
Beranda > Kesehatan > Tingkatkan Kompetensi dan SDM Kader Posyandu

Tingkatkan Kompetensi dan SDM Kader Posyandu

Reporter : Syamsul Akbar
BESUK – Rapat koordinasi (rakor) Lembaga Pembina Posyandu (LPP) merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi dan SDM para kader posyandu serta meningkatkan capaian kegiatan dan optimalisasi penggunaan pos anggaran desa untuk posyandu.

Hal itu disampaikan Camat Besuk Teguh Prihantoro saat memimpin rakor LPP Kecamatan Besuk, Rabu (28/2/2018) di Pendopo Kecamatan Besuk. Turut mendampingi Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo, perwakilan Polsek dan Koramil Besuk, Koordinator KB dan TKSK Kecamatan Besuk.

Menurut Teguh, kegiatan ini juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan manajemen dan administrasi posyandu, sehingga tidak hanya sekedar memampangkan struktur organisasi, pengurus tetapi buku-buku dibiarkan kosong.

“Yang paling penting adalah actionnya. Oleh karena itu saya meminta agar angka kematian ibu hamil dan melahirkan harus betul-betul kecil. Bila perlu tidak ada kasus kematian ibu hamil dan melahirkan di Kecamatan Besuk,” ungkapnya.

Sementara Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo mengatakan bahwa setiap bulan pihaknya selalu hadir dan mengisi pembinaan bidang pendidikan masyarakat. Akses layanan pendidikan non formal sangat penting bagi para kader posyandu, karena peningkatan kinerja dan capaian kualitas posyandu berbanding lurus dengan derajat kompetensi pendidikan para kader.

“Dari data pendidikan kader yang ada, rata-rata 65 persen lulus SD, 30 persen SMA, sisanya D2 dan S-I,” katanya.

Massajo mengharapkan kader posyandu melalui kerja sama desa dan satuan pendidikan non formal PKBM dapat memberi akses dan layanan pendidikan kesetaraan Paket B dan Paket C sesuai dengan jenjang ijazah yang dimiliki. Hal ini sangat menunjang peningkatan IPM di bidang pendidikan, pungkasnya.

Rakor LPP se-Kecamatan Besuk ini diikuti oleh 50 peserta yang berasal dari 17 desa di Kecamatan Besuk. Meliputi Ketua LPP, Ketua Timlak (Tim Pelaksana) Rastra (Beras Sejahtera) dan tokoh masyarakat (tomas). (wan)