Rabu, November 21, 2018
Beranda > Kemasyarakatan > STOP Pemotongan Betina Produktif

STOP Pemotongan Betina Produktif

Reporter : Syamsul Akbar
WONOMERTO – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Probolinggo, Kamis (13/9/2018) menggelar kegiatan bertajuk STOP pemotongan betina produktif di Pendopo Kecamatan Wonomerto.

Kegiatan yang dihadiri narasumber Aipda Alim dari Polres Probolinggo dan Camat Wonomerto Taufik Alami ini diikuti oleh para jagal, pemilik kios daging sapi, peternak dan polsek pada Kecamatan Wonomerto dan Sumberasih.

Dasar hukum kegiatan ini adalah Undang-undang (UU) Nomor 18 Tahun 2009 tentang  peternakan dan kesehatan hewan pasal 18 yang menyebutkan ternak betina boleh dipotong dengan syarat sudah mendapatkan pemeriksaan dari dokter hewan atau petugas teknis peternakan setempat.

Kepala DPKH Kabupaten Probolinggo Endang Sri Wahyuni melalui Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner drh Nikolas Nuryulianto mengungkapkan kegiatan tersebut sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku yakni UU Nomor 18 tahun 2009 tentang peternakan dan kesehatan hewan, tujuan stop pemotongan betina produktif adalah untuk mendukung tercapainya swasembada pangan, khususnya daging tahun 2026.

Dalam kesempatan tersebut juga diberikan sosialisasi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 95 tahun 2012 tentang kesmavet (kesehatan masyarakat veteriner) dan kesrawan (kesejahteraan hewan). (wan)