Jumat, Agustus 17, 2018
Beranda > Pendidikan > SMPN 2 Gending Juarai GSI Tahun 2018

SMPN 2 Gending Juarai GSI Tahun 2018

Reporter : Syamsul Akbar
GENDING – Perhelatan Gala Siswa Indonesia (GSI) Jenjang SMP Tingkat Kabupaten Probolinggo yang digelar oleh Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo di Lapangan Elang Muda Desa Bulang Kecamatan Gending resmi berakhir dan ditutup oleh Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Dewi Korina, Kamis (9/8/2018) sore.

Dalam GSI yang pertama kalinya ini, SMPN 2 Gending tampil sebagai juara 1 setelah di partai final sukses mengalahkan perlawanan SMPN 2 Paiton dengan skor telak 3-0. Sementara diperebutan tempat ketiga, SMPN 1 Leces tampil sebagai pemenang dengan mengalahkan SMPN 2 Dringu dengan skor 3-0.

Atas prestasi ini, masing-masing tim memperoleh hadiah berupa tropy, sertifikat dan uang pembinaan. Secara keseluruhan, GSI ini diikuti ratusan siswa SMP Negeri/Swasta dari 13 kecamatan di Kabupaten Probolinggo.

Peserta GSI yang digelar selama 3 (tiga) hari mulai Selasa hingga Kamis (7-9/8/2018) ini merupakan hasil seleksi antar sekolah di masing-masing kecamatan. Meliputi Bantaran, Krejengan, Maron, Leces, Pajarakan, Pakuniran, Besuk, Dringu, Paiton, Kraksaan, Sumberasih, Kotaanyar dan Gending selaku tuan rumah. GSI kali ini mengambil tema Melalui Gala Siswa Indonesia Membentuk Generasi Cinta Prestasi Akademik, Olahraga dan Berbudi Pekerti Luhur.

Penutupan ini dihadiri oleh Forkopimka Kecamatan Gending, Kepala Desa Bulang Nur Hasan, perwakilan Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Probolinggo, jajaran Dispendik Kabupaten Probolinggo, Pengawas SMP serta MGMP PJOK se-Kabupaten Probolinggo.

Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Dewi Korina mengungkapkan GSI ini merupakan sebuah ajang kejuaraan yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur hingga nasional.

“Alhamdulillah GSI dapat terselenggara dengan lancar berkat dukungan semua pihak. Oleh karenanya pada kesempatan ini saya sampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya,” ungkapnya.

Menurut Dewi, sebagai persiapan ke GSI Tingkat Provinsi Jawa Timur pada September mendatang, ada waktu sebulan untuk merapatkan barisan membentuk satu tim yang akan dipilih dari para pemain terbaik. “Mohon doanya dan mohon dukungan dari seluruh masyarakat Kabupaten Probolinggo, mudah-mudahan Kabupaten Probolinggo dapat menorehkan prestasi di tingkat Jawa Timur maupun nasional,” jelasnya.

Dari ajang GSI ini terang Dewi, sudah terlihat bakat-bakat para pemain yang cukup membanggakan. Selain itu, pertandingan berjalan dengan sportifitas. Disini sudah tumbuh jiwa-jiwa sportifitas, semangat, kejujuran dan kerja sama. “Ini sebetulnya yang kita harapkan bagaimana anak-anak memiliki karakter unggul. Tahun depan mudah-mudahan bisa diselenggarakan lebih baik lagi,” pungkasnya.

Sementara Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SMP Dispendik Kabupaten Probolinggo Sunalis mengatakan GSI Jenjang SMP Tingkat Kabupaten Probolinggo ini bertujuan untuk meningkatkan kecintaan dan apresiasi terhadap cabang olahraga sepak bola, meningkatkan kecakapan kolektif dan kooperatif, meningkatkan kesehatan jasmani dan meningkatkan kondisi kompetitif secara sehat dan fair play.

“Selain itu, melatih sportifitas dan tanggung jawab, mengembangkan bakat dan minat siswa dalam cabang olahraga sepakbola serta meningkatkan persatuan dan kesatuan antara siswa seluruh Indonesia, wabil khusus di Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Menurut Sunalis melalui kegiatan ini diharapkan adanya peningkatan kesehatan jasmani dan terpilihnya siswa terbaik dalam cabang olahraga sepakbola sebagai bibit unggul atlet ke tingkat Provinsi Jawa Timur dan nasional

“Disamping juga terjalinnya persatuan dan kesatuan antara siswa melalui Gala Siswa Indonesia. Sekaligus menghidupkan persepakbolaan bagi para siswa seluruh Indonesia,” tegasnya.

Selanjutnya para pemenang GSI Jenjang SMP tingkat Kabupaten Probolinggo ini akan mengikuti ajang GSI tingkat Provinsi Jawa Timur pada 17 hingga 23 September 2018 mendatang. (wan)