Rabu, Desember 12, 2018
Beranda > Kesehatan > Sehat Komunitas Prolanis Bersama RSUD Tongas

Sehat Komunitas Prolanis Bersama RSUD Tongas

Reporter : Syamsul Akbar
TONGAS – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54, RSUD Tongas menggelar acara bertajuk “Sehat Komunitas Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) Bersama RSUD Tongas”, Jum’at (16/11/2018).

Kedatangan Komunitas Prolanis Desa Curah Tulis Kecamatan Tongas ini disambut di halaman RSUD Tongas. Untuk kegiatan ini pihak rumah sakit menyiapkan armada untuk antar jemput anggota komunitas.

Kegiatan ini diawali dengan senam lansia bersama, baik karyawan maupun para lansia. Mereka tampak tertawa bahagia. Setelah senam, panitia mempersilahkan Komunitas Prolanis untuk menuju ruang pertemuan RSUD Tongas.

Dalam kesempatan tersebut mereka diberikan penyuluhan dari berbagai jenis profesi kesehatan sambil menunggu antrian pemeriksaan kesehatan oleh dokter spesialis penyakit dalam. Pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh dr. Rani Fitriarani, Sp.PD. Pelayanan yang diberikan meliputi pemeriksaan fisik, tekanan darah dan gula darah.

Tenaga profesi kesehatan yang memberikan penyuluhan adalah dokter yang menjelaskan penyakit kronis, ahli gizi yang menjelaskan diet sesuai penyakit, apoteker yang menjelaskan aturan penggunaan obat, fisioterapis yang menjelaskan gerakan tubuh sehari-hari yang aman bagi kesehatan lansia serta tidak lupa koordinator admisi yang menjelaskan alur pelayanan. Peserta diberikan jus buah sehat, sarapan pecel, kue serta tidak lupa berbagai macam brosur penyakit kronis.

Acara ini dibuka oleh Kasi Pelayanan Kesehatan dan Keperawatan RSUD Tongas Kurnia Ramadhani sekaligus menyampaikan layanan rumah sakit. Dilanjutkan dengan penyuluhan dari medis disampaikan oleh Ketua Tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) dr.Denny Hidayati.

Kasi Pelayanan Kesehatan dan Keperawatan RSUD Tongas Kurnia Ramadhani mengatakan kegiatan ini bertujuan mendekatkan RSUD Tongas dengan masyarakat serta menjalankan fungsi rumah sakit dengan memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna.

“Harapan ke depannya semakin banyak komunitas kesehatan yang bermitra dan bersinergi dengan RSUD Tongas demi mewujudkan masyarakat Kabupaten Probolinggo yang sehat,” katanya. (wan)