Senin, Juli 23, 2018
Beranda > Kemasyarakatan > Segera Kembangkan Destinasi Wisata Kecamatan Krucil

Segera Kembangkan Destinasi Wisata Kecamatan Krucil

Reporter : Syamsul Akbar
KRUCIL – Saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) akan segera melakukan pengembangan pariwisata yang ada di Kecamatan Krucil. Hal ini dikarenakan Kecamatan Krucil memiliki banyak sekali potensi alam yang bisa dikembangkan untuk menambah destinasi wisata dan menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Probolinggo.

Potensi wisata yang akan segera dikembangkan di Kecamatan Kecamatan Krucil diantaranya Air Terjun Dewi Rengganis Desa Guyangan, Air Terjung Hyang Saketti Desa Kalianan dan Air Terjun Panji Laras Desa Darungan. Selanjutnya di Desa Bremi terdapat beberapa potensi wisata meliputi Danau Taman Hidup, Bumi Perkemahan, Rumah Kuno dan Embung Bremi, wisata BML (Bremi Mini Land). Serta Rumah Susu di KUD Argopuro dan Agrowisata berupa durian, manggis dan stroberi.

Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo M. Sidik Widjanarko mengungkapkan selama pihaknya sudah melakukan pengembangan wisata 4B (Bromo, Bentar, Bremi dan Bhinor). Kini pengembangan fokus dilakukan pada B ke-3 yakni Bremi. Destinasi wisata yang ada diharapkan akan mendatangkan investor.

“Alhamdulillah, saat ini sudah ada calon investor Stern Resources (SR) dari New York Amerika Serikat. Mudah-mudahan dengan adanya investor ini sektor pariwisata di wilayah Kecamatan Krucil bisa semakin berkembang,” katanya.

Dengan bertambahnya destinasi wisata jelas Sidik, maka tentunya akan menambah kontribusi PAD bagi Pemkab Probolinggo. Disamping juga ada efek langsung yang dirasakan masyarakat yang ada di sekitar destinasi wisata. “Jika sektor wisata maju, maka perekonomian masyarakat di sekitarnya akan meningkat,” pungkasnya. (wan)