Rabu, November 21, 2018
Beranda > Kemasyarakatan > Segera Gelar Unjuk Karya Pendidikan Masyarakat

Segera Gelar Unjuk Karya Pendidikan Masyarakat

Reporter : Syamsul Akbar
BESUK – Warga Dusun Panpan Desa Alaskandang Kecamatan Besuk yang dikenal pengrajin gerabah terhimpun dalam kelompok belajar pengembangan model pembelajaran Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) potensi lokal pedesaan disemangati oleh Kepala Desa Alaskandang H Suli dan Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo, Selasa (6/11/2018).

Oleh karenanya dalam waktu dekat akan segera menggelar unjuk karya pendidikan masyarakat berjatuk Bazar Gerabah. Beberapa hasil produk yang disiapkan dan dipasarkan sebagai persiapan stand dan assesoris lainnya tengah dirancang. Termasuk penyerahan bantuan alat home industri gerabah oleh Kepala Desa Alaskandang H. Suli yang dipesan dari Jogjakarta sudah datang.

Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo berharap agar Desa Alaskandang secara bertahap, terencana dan didukung oleh semua pihak akan menjadi destinasi wisata edukasi kampung gerabah yang sarat dengan nuansa seni budaya karakteristik pedesaan dan menjadi model pembelajaran tematik yang perlu dikenalkan kepada para peserta didik mulai PAUD/TK, SD, SMP dan SMA, bahkan mahasiswa di dunia kampus.

“Hal ini penting agar pengrajin gerabah tidak punah, mengingat kerajinan gerabah merupakan usaha rumahan yang sudah turun temurun, warisan para sesepuh dan lintas generasi,” katanya.

Disisi lain jelas Massajo, anak-anak remaja pemudanya enggan bahkan tidak mau meneruskan home industri gerabah, karena malu dianggap kampungan, kurang keren dan bisnis yang suram masa depan.

“Mudah-mudahan dengan model pembelajaran PKW dengan memanfaatkan potensi lokal ini, kerajinan gerabah di Desa Alaskandang Kecamatan Besuk bisa dilestarikan,” harapnya. (wan)