Jumat, Agustus 17, 2018
Beranda > Pendidikan > Saka Bhayangkara Gelar Gilang Prestasi Penggalang SMP/MTs

Saka Bhayangkara Gelar Gilang Prestasi Penggalang SMP/MTs

Reporter : Syamsul Akbar
PAJARAKAN – Saka Bhayangkara Polres Probolinggo, Sabtu (11/8/2018) menggelar Gilang Prestasi Kapolres Cup Probolinggo tahun 2018 tingkat Penggalang SMP/MTs. Kegiatan ini diikuti oleh 400 orang siswa dari 21 lembaga tingkat SMP/MTs di Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan gilang prestasi ini dibuka secara resmi oleh Wakapolres Probolinggo Kompol Ali Rahmat di halaman apel Mapolres Probolinggo. Turut serta dalam pembukaan ini Pimpinan Saka Bhayangkara Suhadi, perwakilan Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo, perwakilan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo serta para kepala sekolah peserta gilang prestasi.

Dalam sambutannya Wakapolres Probolinggo Kompol Ali Rahmat mengatakan generasi muda adalah generasi penerus bangsa. Pembentukan karakter generasi muda inilah yang perlu ditumbuhkembangkan melalui proses pembelajaran yang kontinyu. “Pendidikan kepramukaan merupakan wahana yang tepat untuk menumbuhkan kembangkan karakter bangsa yang baik,” katanya.

Kompol Ali Rahmat menerangkan, melalui pendidikan kepramukaan ada proses pembelajaran yang pada akhirnya diharapkan ada transformasi yang dapat menumbuh kembangkan karakter positif serta mengubah watak diri yang tidak baik menjadi baik.

“Esensinya adalah pendidikan yang baik tidak hanya sekedar memberikan ilmu pelajaran saja kepada generasi muda, tetapi yang lebih penting adalah dapat mengubah atau membentuk karakter dan perilaku seseorang agar menjadi lebih baik dalam kehidupan sehari-hari, ” tegasnya.

Menurut Kompol Ali Rahmat, melalui kegiatan kepramukaan ini diharapkan dapat mengembangkan karakter bangsa yang memiliki watak yang kuat menangkal segala hantaman budaya yang negatif.

“Bukan hanya membangun manusia atau kaum muda cerdas yang menguasai ilmu pengetahuan, akan tetapi juga kaum muda yang tangguh kepribadiannya, luhur budi pekertinya, hidup dalam kerukunan, kekompakan serta selalu bersatu dan menjunjung kesatuan dan persatuan,” jelasnya.

Kompol Ali Rahmat menambahkan, gerakan pramuka adalah tempat menempa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin dan membina semangat kebersamaan bagi para anggotanya.

“Di organisasi gerakan pramuka ini kita dapat belajar berbagai ketrampilan yang tidak diperoleh di bangku sekolah, kita belajar berkomunikasi dengan berbagai kalangan, belajar bermain di alam bebas, membangun keberanian dan tanggung jawab dan belajar memimpin anggota yang lain. Semuanya itu menempa kita untuk mandiri, berani dan tinggi sportifitas,” pungkasnya.

Selanjutnya digelar beragam jenis lomba gilang prestasi meliputi lomba yel-yel, lomba sandi rumput, lomba PBB, lomba tandu, lomba simapur dan lomba drakbar. Serta penyuluhan Narkoba oleh KBO Reskrim Polres Probolinggo Iptu Ifo Nila.

Setelah dilakukan penilaian oleh seluruh dewan juri, untuk regu putra juara 1 diraih SMPN 1 Gending, juara 2 SMPN 1 Maron, juara 3 SMPN 2 Maron, juara harapan 1 diraih SMPN 1 Pajarakan, juara harapan 2 diraih SMPN 2 Kraksaan dan juara harapan 3 diraih SMP IT Permata.

Sementara untuk regu putri, juara 1 diraih SMPN 1 Gending, juara 2 diraih SMPN 1 Pajarakan, juara 3 diraih SMPN 3 Maron, juara harapan 1 diraih SMPN 2 Maron, juara harapan 2 diraih SMPN 1 Kraksaan dan juara 3 diraih SMPN 2 Maron.

Dalam kesempatan tersebut juga diumumkan juara untuk kategori terkompak, kreatif dan terfavorit. Untuk juara terkompak diraih SMPN 1 Krejengan, juara kreatif diraih SMPN 4 Kraksaan dan juara terfavorit diraih SMP Al Kausar. (wan)