Sabtu, April 21, 2018
Beranda > Kesehatan > RSUD Tongas Gelar Baksos Kesehatan Bagi Siswa SDN Malasan Kulon II

RSUD Tongas Gelar Baksos Kesehatan Bagi Siswa SDN Malasan Kulon II

Reporter : Syamsul Akbar
LECES – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tongas, Rabu (28/3/2018) bekerja sama dengan Puskesmas Leces Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo menggelar bakti sosial (baksos) kesehatan berupa pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut serta gizi di SDN Malasan Kulon II Kecamatan Leces.

Baksos kesehatan ini diikuti sedikitnya 198 siswa dan siswi SDN Malasan Kulon II mulai dari kelas 1 hingga 6. Kegiatan ini diawali dengan apel pagi bersama yang dilanjutkan dengan senam cuci tangan serta gosok gigi yang benar.

Kemudian secara bergantian, para siswa dan siswi ini mengikuti penyuluhan gizi. Setelah selesai mereka mendaftar untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut. Sebelum itu para siswa harus mengikuti pengukuran tinggi badan dan penimbangan berat badan.

Direktur RSUD Tongas drg. Kamaliyah Tjipluk Pudji Lestari mengungkapkan baksos kesehatan ini dilakukan dalam rangka pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut serta gizi. SDN Malasan Kulon II dipilih karena memang jarang terjangkau oleh dokter spesialis (spesialis anak, spesialis gigi dan spesialis gizi).

“Untuk baksos kesehatan di SDN Malasan Kulon II ini kami menurunkan 1 orang dokter spesialis anak, 5 orang dokter umum, 3 orang spesialis gigi, 1 orang spesialis gizi dan 5 orang perawat umum. Para dokter dan perawat ini yang akan melakukan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut serta gizi anak didik disini,” ujarnya.

Menurut drg. Kamaliyah, baksos kesehatan ini bertujuan untuk mengabdikan diri dari RSUD Tongas untuk masyarakat yang jarang terjangkau oleh dokter spesialis. Sekaligus mempromosikan RSUD Tongas dalam rangka promosi bahwa RSUD Tongas mempunyai dokter spesialis yang lengkap.

“Saya berharap program ini bisa dilakukan secara berkelanjutan dalam rangka kesehatan gigi dan muluut. Anak-anak SD itu berada pada fase peralihan tumbuhnya gigi permanen sehingga tidak sampai gigi anak-anak itu dicabut dalam usia dini. Jadi berharap berkelanjutan dipilih tempat-tempat yang tidak terjangkau,” tegasnya.

Sementara Kepala SDN Malasan Kulon II Sulasi menyampaikan ucapan terima kasih kepada RSUD Tongas yang telah berpartisipasi memberikan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut serta gizi kepada anak didiknya.

“Saya sangat mendukung sekali kegiatan semacam ini karena anak-anak masih baru kali ini mendapatkan bakti sosial. Sebelumnya memang ada tetapi sebagian kelas saja yang dilakukan. Tetapi kali ini dilakukan kepada seluruh anak didik kami, ” katanya.

Ke depan Sulasi mengharapkan agar kegiatan semacam ini bisa terus dilakukan terlebih guru-guru yang ada di lingkungan kerjanya telah mengajari anak didiknya untuk tidak takut kepada dokter. “Kalau sebelumnya begitu melihat dokter sudah lari dan pulang karena takut. Tetapi sekarang karena seringnya pemeriksaan anak-anak sudah terbiasa. Harapan saya ke depan anak-anak sudah paham tentang kesehatan sehingga tidak sulit untuk periksa, ” pungkasnya. (wan)