Rabu, Desember 12, 2018
Beranda > Kesehatan > RSUD Tongas Bagikan Ratusan Kue dan Stiker Cegah HIV AIDS

RSUD Tongas Bagikan Ratusan Kue dan Stiker Cegah HIV AIDS

Reporter : Syamsul Akbar
TONGAS – Dalam rangka memperingati Hari AIDS se-Dunia, Tim RSUD Tongas membuat kegiatan khusus dengan membagikan kue, air mineral dan leaflet HIV AIDS dan leaflet informasi kesehatan lainnya kepada masyarakat yang berkunjung ke SPBU Tongas, Sabtu (1/12/2018).

Tim RSUD Tongas ini terdiri dari Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Dokter Spesialis Anak, Dokter Umum, Kepala Seksi Pelayanan, Perawat, Ahli Gizi, Tim PKRS dan Penyuluh, Keamanan dan Staf Manajemen. Selain itu, tim membuka pojok layanan konsultasi dokter dan pemeriksaan tekanan darah secara gratis.

“Dalam konsultasi ini apabila orang dinilai berisiko maka juga diinformasikan untuk tes HIV di rumah sakit,” kata Kasi Pelayanan Kesehatan dan Keperawatan RSUD Tongas Kurnia Ramadhani.

Untuk kegiatan ini, Tim RSUD Tongas menyasar para pengemudi truck/pick up sebagai salah satu kelompok berisiko. Hal ini berangkat dari keprihatinan fenomena HIV AIDS pada ibu rumah tangga dan bayinya.

“Tim berpesan kepada masyarakat untuk melakukan pencegahan ABCDE. Yakni, Abstinensia (tidak melakukan seks di luar pernikahan), Be faithful (setia pada pasangan tetap, tidak berganti-ganti), Condom (menggunakan kondom pada saat hubungan seks berisiko), Dont use drug (tidak menggunakan narkoba serta tidak menggunakan jarum suntik tidak steril/bergantian) dan Education (mencari pengetahuan tentang HIV AIDS sehingga tahu pencegahan dan kesadaran periksa diri),” jelasnya.

Seiring dengan tema Hari AIDS se-Dunia (HAS) Nasional yaitu Saya Berani, Saya Sehat, Tim juga mengajak masyarakat agar berani untuk memeriksakan status HIV mereka sehingga bisa segera diobati dan diambil tindakan pencegahan pada pasangan dan anak yang akan dilahirkan.

“Alhamdulillah, kegiatan ini mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat. Mereka antusias untuk mengetahui tentang HIV AIDS dan pencegahannya serta melakukan konsultasi,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut , tim juga menginformasikan bahwa RSUD Tongas memiliki Layanan VCT (Voluntary Counseling and Testing) yaitu layanan konseling dan tes HIV secara sukarela. RSUD Tongas juga sudah bisa melayani pengobatan ARV (Antiretroviral). Yakni, pengobatan untuk penderita HIV.

“Semoga ke depannya masyarakat semakin perhatian akan pencegahan HIV AIDS serta berani memeriksakan status HIV sehingga mendapat penanganan lebih awal dan memutus rantai penularan,” harapnya.

Dalam aksi ini ada sekitar 100 kue yang dibagikan dengan stiker kecil berpesan mencegah HIV AIDS dengan setia pada pasangan. (wan)