Kamis, Februari 21, 2019
Beranda > Kemasyarakatan > Rombongan Pers Tour HPN 2019 Kunjungi Gunung Bromo

Rombongan Pers Tour HPN 2019 Kunjungi Gunung Bromo

Reporter : Mujiono

SUKAPURA – Sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2019, dilaksanakan Pers Tour yang diikuti oleh 250 orang insan pers perwakilan dari berbagai daerah se Indonesia.

Pers tour ini dilaksanakan selama dua hari mulai Sabtu (9/2/2019) sampai dengan Minggu (10/2/2019) ke beberapa destinasi wisata di Kota Batu, Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo dan sentra kerajinan kulit di Tanggulngin Kabupaten Sidoarjo.

Rombongan pers tour dengan enam unit bus yang didampingi beberapa pejabat dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur itu tiba di Kecamatan Sukapura Minggu (10/2/2019) pukul 03.00 WIB. Selanjutnya rombongan langsung menuju obyek wisata Gunung Bromo dengan puluhan Jeep khusus yang sudah disiapkan panitia. Ada tiga lokasi yang dikunjungi yaitu kawah Bromo, bukit Teletubbies dan Puncak Seruni Point.

Kunjungan di kawasan Bromo berakhir pukul 09.00 WIB. Selanjutnya rombongan disambut dengan acara jamuan makan pagi dan ramah tamah di aula Hotel Nadia Sukapura. Rombongan diterima oleh Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Sidik Widjanarko dan Plt. Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Probolinggo H. Tutug Edi Utomo.

Pada kesempatan tersebut  Perwakilan dari Dinas Pariwisata Provinsi Jatim dan Perwakilan PWI mendapat kenang kenangan yakni sebuah Cinderamata yang diserahkan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sidik Widjanarko. Sedangkan, Perwakilan Dinas Pariwisata Provinsi Jatim juga memberikan kenang kenangan cinderamata dan diserahkan kepada Plt Dinas Kominfo Tutug Edi Utomo.

Perwakilan rombongan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) mengaku terkesan dengan pesona keindahan alam dan keramahan masyarakat Kabupaten Probolinggo. “Saya mewakili PWI mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Probolinggo yang ikut memfasilitasi kegiatan ini, mulai dari pertama hadir, saat berwisata di kawasan Bromo hingga acara penyambutan ini,” ungkapnya.

“Saya akan menyampaikan berita ini. Ayo kita datang ke Kabupaten Probolinggo untuk menikmati wisata di potensi wisata yang luar biasa. Dan yang terpenting harus diungkapkan bahwa Kabupaten Probolinggo sangat berkesan di hati kami,” imbuh Hendriyanto.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sidik Widjanarko menyampaikan insan pers sangat membantu dan mendukung pembangunan di Kabupaten Probolinggo. “Kedekatan Pemkab Probolinggo dengan insan pers sangat membantu dalam menyampaikan informasi pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Probolinggo,” terangnya.

Ditambahkannya, insan pers di Kabupaten Probolinggo membantu menginformasikan perkembangan ekononomi masyarakat seperti Industri Kecil Menengah (IKM). “Banyak IKM yang dikenal oleh masyarakat luas, salah satunya batik tulis Kabupaten Probolinggo, berkat informasi yang disampaikan insan pers melaui berbagai media,” pungkasnya.(y0n)