Sabtu, Mei 26, 2018
Beranda > Kesehatan > Resmikan Pustu Gili Ketapang, Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Resmikan Pustu Gili Ketapang, Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Reporter : Mujiono
SUMBERASIH – Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang menunjang dan membantu memperluas jangkauan puskesmas, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo meresmikan renovasi Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Gili Ketapang Kecamatan Sumberasih, Rabu (7/2/2018). Peresmian ini ditandai dengan pemotongan pita.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko, Mustasyar PCNU Kabupaten Probolinggo dan Kota Kraksaan Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si, Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal dan sejumlah anggota DPRD Kabupaten Probolinggo.

Hadir pula Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Probolinggo Asyari, sejumlah pejabat OPD, Camat Sumberasih Ugas Irwanto beserta anggota Forkopimka Sumberasih, Kepala Desa Gili Ketapang Suparyono, tokoh agama dan tokoh masyarakat Desa Gili Ketapang.

Dalam kesempatan tersebut Hasan Aminuddin menyarankan kepada masyarakat Desa Gili Ketapang untuk lebih peduli terhadap kesehatan. “Harapannya renovasi pustu ini bisa memberikan manfaat dan bisa meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. Pemerintah berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam hal melayani kebutuhan kesehatan tentunya,” katanya.

Anggota Komisi VIII DPR RI ini menegaskan bahwa seorang ibu memiliki tanggung jawab untuk membimbing dan mendidik anak-anaknya. Menjadi seorang ibu di jaman sekarang ini memiliki peran penting untuk mencetak perilaku dan kepribadian anak.

“Di jaman sekarang ini telah banyak orang tua lebih mementingkan ilmu pengetahuan umumnya. Sedangkan pendidikan moral atau akhlak anak tidak menjadi hal yang utama,” jelasnya.

Suami Bupati Probolinggo ini menerangkan anak dituntut bersekolah dan mengaji. Sebagai orang tua mewajibkan dan memberikan dukungan terhadap anaknya, perilaku dan akhlak yang baik didukung dengan ilmu pengetahuan. “Hal ini merupakan kunci keberhasilan dan kesuksesan serta merubah derajat seorang anak dalam masa depannya,” tegasnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo dr. Shodiq Tjahjono menyampaikan bahwa kelebihan dari Pustu Desa Gili Ketapang ini terdapat ruang untuk tempat tinggal paramedis. “Gedung pustu ini tersedia dua bidan, dua perawat dan satu tenaga administrasi. Dari kelima orang ini selalu sedia dalam kurun waktu 24 jam di Gili Ketapang.” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu Hasan Aminuddin beserta rombongan mengunjungi lokasi pengobatan masal yang diikuti oleh 147 orang. Serta kunjungan ke tempat khitanan masal yang diikuti 30 anak di ruang kelas SDN 3 Gili Ketapang. Dilanjutkan dengan penyerahan beras miskin kepada masyarakat kurang mampu di Desa Gili Ketapang Kecamatan Sumberasih. (y0n)