Jumat, Januari 18, 2019
Beranda > Pemerintahan > Ratusan Kelompok Tani Rajut Silaturahim Ramadhan

Ratusan Kelompok Tani Rajut Silaturahim Ramadhan

Reporter : Syamsul Akbar
Jum’at 23 Juni 2017

KRAKSAAN — Sedikitnya 100 orang kelompok tani di Kabupaten Probolinggo melakukan silaturahim dan buka bersama yang digelar Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Probolinggo di aula SMP Hati Billingual Boarding School (BBS) Kraksaan di Dusun Toroyan Desa Rangkang Kecamatan Kraksaan, Kamis (22/6/2017) sore.

Silaturahim dan buka bersama ini dihadiri oleh dengan Mustasyar PCNU Kabupaten Probolinggo dan Kota Kraksaan Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si, Kepala DKPP Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari dan Pimpinan BNI46 Cabang Probolinggo Hendra Nuryawan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk merajut silaturahim dalam suasana Ramadhan antara kelompok tani sebagai rakyat dengan pemimpinnya,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari.

Sementara Hasan Aminuddin menyampaikan bahwa selama ini pemanfaatan resi gudang belum dimaksimalkan oleh semua petani. “Saya minta bagaimana anggota kelompok tani ini betul-betul memanfaafkan resi gudang jagung di Maron dan resi gudang padi di Alassumur Kraksaan,” katanya.

Menurut Hasan, selama ini Pemerintah Daerah selalu berikhtiar bagaimana petani selalu berjaya dan mampu meningkatkan pendapatannya sehingga bisa mendidik putra dan putrinya dengan baik. “Setiap problem di masyarakat, petani selalu melogikakan. Padahal seharusnya petani itu rajin-rajin berdoa agar hasil taninya bagus,” jelasnya.

Hasan menegaskan kepada kelompok tani bahwa dalam hitungan hari bulan suci Ramadhan akan segera berakhir. Oleh karena itu umat Islam harus menunaikan kewajibannya membayar zakat fitrah. “Sebagai sesama orang Islam, saya mengingatkan para petani untuk mengeluarkan zakat fitrah sebelum Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1438 H,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan bantuan handsprayer sebanyak 202 buah kepada para kelompok tani. Secara simbolis bantuan handsprayer ini diterima Kelompok Tani Sejahtera Kecamatan Gading, Kelompok Tani Lestari Kecamatan Paiton, Kelompok Tani Sumber Makmur Kecamatan Krejengan, Kelompok Tani Rukun Jaya Kecamatan Pajarakan dan Kelompok Tani Sejahtera Kecamatan Besuk. (wan)