Rabu, Desember 12, 2018
Beranda > Pendidikan > Rakor Bersama Bunda Pos PAUD, Ketua LPP dan Ketua TP PKK Desa Evaluasi Pos PAUD

Rakor Bersama Bunda Pos PAUD, Ketua LPP dan Ketua TP PKK Desa Evaluasi Pos PAUD

Reporter : Syamsul Akbar
BESUK – Sebagai upaya untuk mengevaluasi keberadaan dan capaian Pos PAUD yang berada di 7 (tujuh) desa di Kecamatan Besuk, para Bunda Pos PAUD, Ketua Lembaga Pembina Posyandu (LPP) dan Ketua Tim Penggerak PKK Desa mengadakan rapat koordinasi (rakor) bersama di Kantor Penilik dan Pengawas Kecamatan Besuk, Selasa (2/10/2018).

Kegiatan yang diikuti oleh 27 Kader Posyandu dan 7 Ketua LPP dari 7 desa Pos PAUD di Kecamatan Besuk ini dihadiri oleh Camat Besuk Teguh Prihantoro dan Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo.

Setelah 3 (tiga) bulan Pos PAUD berjalan, sudah tampak beberapa perubahan suasana dan perubahan sikap dan pola asuh dari para orang tua Pos PAUD yang aktif datang saat kegiatan. Orang tuanya mulai berani berekspresi dan anak-anaknya juga mulai lincah bermain.

Dalam kesempatan tersebut Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo meminta agar para pendidik Pos PAUD memperhatikan hal-hal sebagai ikhtiar. Diantaranya aspek stimulasi berbicara dan berkata-kata, stimulasi gerakan/motorik halus dan kasar, stimulasi dan respon terhadap bunyi dan irama lagu/musik serta pertumbuhan fisik, berat dan tinggi badan.

“Sekaligus aspek-aspek lain yang sangat mempengaruhi tumbuh kembang agar terhindar dari problem stunting dan keterlambatan kecerdasan pada anak di masa 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK),” katanya.

Menurut Massajo, ke depan direncanakan ada pertemuan bersama yang akan dikemas dengan kegiatan family day, berhimpun semua orang tua mulai dari ayah ibu, para kader dan Bunda-bunda Pos PAUD 7 desa se-Kecamatan Besuk sebagai sarana refreshing dan rekreatif bisa di Pantai Duta atau Candi Jabung Kecamatan Paiton.

“Disamping pembinaan juga dibuat lomba-lomba yang menyenangkan seperti lomba menggendong bayi bagi bapak-bapaknya, lomba memandikan bayi, lomba fashion show ayah ibu dan anaknya serta kegiatan-kegiatan happy lainnya,” terangnya.

Sementara Camat Besuk Teguh Prihantoro berharap kegiatan-kegiatan Pos PAUD disinergikan dan bekerja sama dengan kegiatan-kegiatan desa dan lintas sektor seperti puskesmas, KB dan LPP posyandu. Hendaknya diusulkan kegiatan-kegiatan dan pendanaannya melalui musyawarah desa dan Musrenbang agar tercover juga dalam penyusunan RAPBDesa.

“Saya juga akan ikut memberi saran dan masukan agar mendukung dan menguatkan dalam perencanaan kegiatan dan anggaran yang lebih fokus pada pencegahan dan penurunan stunting dalam 1000 HPK,” ungkapnya.

Teguh berharap dari 7 (tujuh) desa Pos PAUD di Kecamatan Besuk nantinya bisa diikuti oleh 10 desa lainnya. Apalagi Pos PAUD ini secara kelembagaan dan realisasi kegiataannya baru ada di Kecamatan Besuk.

“Sebagai stimulasi Pos PAUD, saat ulang tahun Pos PAUD pada tahun 2019 mendatang kami merencanakan akan mengadakan Jambore Pos PAUD yang menarik dan meriah,” pungkasnya. (wan)