Beranda > Kemasyarakatan > Rabu Wekasan, Pemkab Gelar Sholat Dhuha dan Sholat Hajat Lidaf’il Bala’

Rabu Wekasan, Pemkab Gelar Sholat Dhuha dan Sholat Hajat Lidaf’il Bala’

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dalam momentum¬† Rabu terakhir di bulan Safar 1440 Hijriyah yang dikenal dengan Rabu Wekasan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo menggelar Sholat Dhuha dan Sholat Hajat Lidaf’il Bala serta doa bersama di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo, Rabu (7/11/2018) pagi.

Kegiatan yang diikuti oleh para karyawan/karyawati di lingkungan Kantor Bupati Probolinggo ini digelar dalam untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta memohon agar senantiasa diberikan keselamatan, kemudahan dan kelancaran serta dihindarkan dari berbagai bala’ dan musibah dalam melaksanakan tugas-tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Bertindak sebagai imam dan pemimpin doa bersama adalah Ketua Umum MUI Kabupaten Probolinggo KH Munir Kholili. Sementara pemimpin istighotsah adalah Sekretaris Umum MUI Kabupaten Probolinggo KH Syihabuddin Sholeh. Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H Soeparwiyono dan sejumlah Kepala OPD di lingkungan Kantor Bupati Probolinggo.

Dalam sambutannya Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE menyampaikan kegiatan Sholat Dhuha dan Sholat Hajat Lidaf’il Bala’ ini adalah ikhtiar bersama-sama sebagai manusia. Karena dalam tatanan galaksi manusia tidak ada artinya apa-apa. Karena manusia pada dasarnya hanya seperti debu.

“Oleh karenanya dari situ kemudian saya menyadari bahwa kita semua apapun yang menjadi amanah dari Allah SWT, tidak sepantasnya kita menyombongkan diri di muka bumi ini. Terlebih akhir-akhir ini Indonesia sedang diuji bertubi-tubi oleh Allah SWT mulai dari gempa bumi hingga tragedi pesawat Lion Air yang membuat ratusan nyawa melayang,” katanya.

Menurut Bupati Tantri, Sholat Dhuha dan Sholat Hajat Lidaf’il Bala ini dilakukan agar senantiasa dijauhkan dari bala dan musibah. “Tinggalkanlah sejenak semua aktivitas untuk bersama-sama berdoa memohon kepada Allah SWT agar senantiasa diberikan keselamatan dan dijauhkan dari bala dan musibah. Bencana tidak akan mendahului doa yang kita panjatkan. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat kepada kita semua. Apa yang kita hajatkan dan kita doakan dikabulkan oleh Allah SWT,” jelasnya.

Tidak lupa Bupati Tantri menyampaikan ucapan terima masih atas segala dukungan para ASN (Aparatur Sipil Negara) kepada Pemerintah Daerah. Oleh karenanya di tahun awal periode keduanya agar dijadikan sebagai semangat baru untuk melayani masyarakat. Karena tahun 2018-2023 tuntutan masyarakat akan semakin beragam dan komplek sehingga harus berusaha bagaimana menjadi pelayan yang jauh lebih profesional.

“Semangat itu mari kita gelorakan bersama agar mampu menjadi pelayan masyarakat yang lurus, tangkas dan responsif menjalankan amanah. Sehingga apa yang kita lakukan hari ini dan esok hari menjadi kemudahan bagi kita semua pada saat kita tidak lagi mampu membantu di dunia ini. Semoga semua ini menjadi amal kebajikan kepada kita dan memudahkan waktu kita dihisab nanti,” pungkasnya.

Tidak hanya di Kantor Bupati Probolinggo, kegiatan Sholat Dhuha dan Sholat Lidaf’il Bala ini serentak juga dilaksanakan di semua instansi pemerintah di lingkungan Pemkab Probolinggo. (wan)