Senin, Oktober 15, 2018
Beranda > Kemasyarakatan > Puluhan Warga Tulupari Dilatih Bordir

Puluhan Warga Tulupari Dilatih Bordir

Reporter : Syamsul Akbar
TIRIS – Sedikitnya 16 warga Desa Tulupari Kecamatan Tiris mendapatkan pelatihan ketrampilan bordir dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Probolinggo. Kegiatan yang dipusatkan di Balai Desa Tulupari Kecamatan Tiris ini dibuka secara resmi oleh Kepala Disnaker Kabupaten Probolinggo Sigit Sumarsono, Senin (12/3/2018).

Warga Desa Tulupari Kecamatan Tiris ini akan dilatih ketrampilan bordir selama 1 bulan atau 240 jam. Selama pelatihan mereka akan dipandu oleh instruktur Hj. Sutiyah, seorang pengusaha bordir.

Kepala Bidang Pelatihan Kerja dan Produktivitas Disnaker Kabupaten Probolinggo Priharjoto Lestari mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang arti pentingnya ketrampilan bordir serta menambah wawasan dan tata cara membordir.

“Sekaligus untuk menambah income bagi masyarakat, khususnya yang berada di Desa Tulupari Kecamatan Tiris. Setidaknya dengan pelatihan ini masyarakat memiliki ketrampilan sebagai bekal untuk membuka lapangan pekerjaan baik secara mandiri maupun kelompok,” ungkapnya.

Sementara Kepala Disnaker Kabupaten Probolinggo Sigit Sumarsono mengatakan pelatihan ini dilakukan dengan maksud untuk memberikan ilmu terkait kesiapan untuk bekerja.

“Kebetulan kami memiliki BLK (Balai Latihan Kerja) yang ada di Kota Kraksaan. Mohon bantuannya mempromosikan BLK karena tugasnya memang membuat pintar masyarakat melalui ilmu-ilmu yang diberikan,” katanya.

Menurut Sigit, intinya kalau mau bekerja modalnya adalah semangat. Jika sudah semangat apa saja pelatihan yang diberikan pasti akan merangsang dan memotivasi warga kemudian menjadikan sebagai pekerjaan sehingga bisa meningkatkan pekerjaan.

“Pelatihan ini memancing masyarakat Kabupaten Probolinggo agar mempunyai pekerjaan baru baik secara mandiri maupun kelompok. Saya berharap ilmunya diserap dan diterapkan di lingkungan masing-masing,” pungkasnya. (wan)