Kamis, Oktober 18, 2018
Beranda > Pendidikan > Puluhan Warga Desa Alasnyiur Mantap Sekolah PKH

Puluhan Warga Desa Alasnyiur Mantap Sekolah PKH

Reporter : Syamsul Akbar
BESUK – Sedikitnya 40 orang ibu-ibu peserta Sekolah PKH (Program Keluarga Harapan) Desa Alasnyiur mengikuti pembinaan sekaligus pelatihan di Perpusdes Alasnyiur Kecamatan Besuk, Selasa (10/4/2018). Kegiatan ini dihadiri oleh Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo, Kepala Desa Alasnyiur Hasan Basri serta Pendamping PKH Nurul.

Kepala Desa Alasnyiur Hasan Basri menyampaikan ucapan terima kasih atas pembinaan kepada masyarakat desanya yang saat ini tengah bersiap mengikuti lomba Kampung KB tingkat Jawa Timur mewakili Kabupaten Probolinggo. “Saya berharap sinergi program dan pembinaan ini menjadi penguat dan motivasi kami untuk lebih memajukan Desa Alasnyiur, katanya.

Menurut Hasan Basri, tahun 2017 desanya mengirim peserta pelatihan membatik 3 orang di PKBM Insan Cendekia Kecamatan Besuk. Sekarang sudah berhasil dan menerima order membuat seragam batik khas Desa Alasnyiur untuk BPD, LKD, aparat desa dan lain sebagainya.

“Bagi para peserta didik KF (Keaksaraan Fungsional) dan Sekolah PKH akan kami perhatikan untuk dilatih keterampilan-keterampilan yang bisa menambah penghasilan keluarganya,” tegasnya.

Sementara Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo mengatakan kaum perempuan di era zaman now bukan lagi menjadi obyek tapi subyek dan faktor penentu keberhasilan pembangunan terutama di pedesaan.

“Faktor pemimpin desa, perencanaan pembangunan desa, realisasi dan responsif kades terhadap kegiatan-kegiatan penunjang dari lintas sektor akan sangat membantu suksesnya program-program baik dari pusat maupun daerah,” jelasnya.

Massajo berharap Desa Alasnyiur bisa mewujudkan impiannya menjadi desa bebas buta aksara, desa berpendidikan dan bisa terinspirasi menjadi rintisan Kampung Literasi. (wan)