Rabu, September 19, 2018
Beranda > Pendidikan > Puluhan Warga Belajar PKBM Insan Cendekia Siap UNBK

Puluhan Warga Belajar PKBM Insan Cendekia Siap UNBK

Reporter : Syamsul Akbar
BESUK – Sebanyak 14 calon peserta UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) dari PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Insan Cendekia Kecamatan Besuk diberi pengarahan dan simulasi awal dari Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo. Hal ini dilakukan agar memiliki persepsi dan bekal yang cukup untuk dapat mengikuti UNBK, Senin (5/3/2018).

Pelaksanaan UNBK Paket C dilaksanakan tanggal 27 hingga 30 April dan Paket B tanggal 4 hingga 7 Mei 2018. Pelaksanaan UNBK Insan Cendekia bisa bergabung dengan MA Bahrul Ulum yang telah disepakati bersama dan sudah direstui oleh Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo ditunjang dengan fasilitas, koordinasi baik dan lengkap sarprasnya.

“Tahun ini jumlahnya lebih sedikit jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Ada beberapa hal yang melatar belakangi diantaranya sistem komputerisasi ujian nasional bagi peserta didik non formal dianggap memberatkan,” kata Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo.

Menurut Massajo, penertiban penyelenggaraan UNBK Paket A, Paket B dan Paket C sesuai POS UN tahun 2018 hanya dapat diselenggarakan oleh satuan Pendidikan non Formal (PNF) PKBM yang terakreditasi. “Serta beberapa regulasi yang mendasar yang berubah dari tahun-tahun sebelumnya,” tegasnya.

Melalui kegiatan ini Massajo mengharapkan agar semua calon peserta aktif hadir saat latihan, sering latihan di rumah dengan menggunakan android. “Tidak usah takut dan grogi. Yakinlah kalau anak Bapak itu hebat. Jika ingin lulus UNBK dengam nilai memuaskan, banyak-banyaklah berdoa dan mohon dukungan keluarga,” tukasnya.

Sementara Sekretaris PKBM Insan Cendekia Moh. Taufik bersama tutor pembimbing Junaidi Affandi secara bergantian memandu dan meyakinkan semua peserta ujian pasti bisa mengikuti UNBK dengan baik. “Yang penting kuncinya hadir pada saat ujian, operasikan komputer sesuai petunjuk isian, jangan grogi, berdoa dan yakin jawabannya benar dan nilai baik,” harapnya. (wan)