Kamis, Oktober 18, 2018
Beranda > Pendidikan > Puluhan SMA/SMK Ramaikan Kejuaraan Bola Basket Kadispora Cup 2018

Puluhan SMA/SMK Ramaikan Kejuaraan Bola Basket Kadispora Cup 2018

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) menggelar kejuaraan bola basket Kadispora Cup 2018 antar SMA/SMK se-Kabupaten Probolinggo Rabu hingga Senin (8-13/8/2018).

Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Bola Basket SMAN 1 Dringu ini diikuti oleh 11 tim putra dan 10 tim putri. Secara resmi kejuaraan ini dibuka oleh Sekretaris Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Tatok Krismarhento, Rabu (8/8/2018).

Kejuaraan Bola Basket Kadispora Cup 2018 Antar SMA/SMK ini bertujuan untuk mengukur kemampuan dan sebagai wahana aktualisasi para atlet bola basket di Kabupaten Probolinggo, ungkap Kasi Keolahragaan Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Ganet Lelono.

Sementara Sekretaris Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Tatok Krismarhento mengatakan kejuaraan bola basket yang memperebutkan Kadispora Cup 2018 kali ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memajukan olahraga bola basket se-Indonesia, khususnya bagi pelajar SMA/SMK se-Kabupaten Probolinggo. “Acara ini sekaligus sebagai upaya Pemkab Probolinggo untuk turut serta menyemarakkan dan mensukseskan Asian Games 2018,” katanya.

Menurut Tatok, upaya-upaya pemerintah tersebut tentunya harus didukung dan terus dikembangkan karena kegiatan olahraga bola basket adalah sebagai salah satu pembentuk karakter bangsa, pemuda dan pelajar.

“Memajukan olahraga bola basket di Kabupaten Probolinggo ini tidaklah mudah seperti membalikkan kedua telapak tangan, namun membutuhkan perjuangan dan kebersamaan, karena tanpa itu semua sangat sulit bagi kita untuk mencapai tujuan yang kita harapkan,” jelasnya.

Tatok menerangkan salah satu upaya-upaya memajukan olahraga bola basket adalah dengan memberikan kesempatan kepada para pelajar yang berbakat untuk mengaktualisasikan segenap kemampuannya melalui suatu sistem kompetisi yang teratur dan berjenjang.

“Untuk itu kepada para pemain saya minta untuk bermain dengan semangat yang tinggi serta menjunjung nilai-nilai sportifitas yang terkandung dalam permainan bola basket,” terangnya.

Kepada perangkat pertandingan Tatok meminta agar memimpin pertandingan dengan baik, meningkatkan kemampuan dan tidak memihak kepada salah satu tim yang bertanding karena semuanya adalah para guru olahraga pada lembaga pendidikan di Kabupaten Probolinggo.

“Panitia penyelenggara saya minta agar menjadi penyelenggara pertandingan yang baik dan berharap mulai awal sampai penutupan pertandingan dapat terlaksana dengan lancar dan aman serta menghasilkan juara-juara yang dapat mengharumkan nama Kabupaten Probolinggo di tingkat Provinsi Jawa Timur maupun nasional,” pungkasnya.

Kejuaraan Bola Basket Kadispora Cup 2018 Antar SMA/SMK se-Kabupaten Probolinggo ini diawali dengan pertandingan tim putra antara SMAN 1 Paiton vs SMKN 1 Sumberasih. (wan)