Senin, Juli 23, 2018
Beranda > Kemasyarakatan > Pj Bupati Pimpin Upacara Pembukaan TMMD ke-102

Pj Bupati Pimpin Upacara Pembukaan TMMD ke-102

Reporter : Syamsul Akbar
GADING – Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo R. Tjahjo Widodo, SH. M.Hum memimpin upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 tahun anggaran 2018 oleh Kodim 0820 Probolinggo di Lapangan Desa Condong Kecamatan Besuk, Selasa (10/7/2018) pagi.

Pelaksanaan TMMD ke-102 ini akan dilakukan di Desa Wedusan Kecamatan Tiris selama 30 hari mulai 10 Juli hingga 8 Agustus 2018. Kegiatan ini mengambil tema Manunggal Membangun Karakter Generasi Milineal.

Upacara pembukaan TMMD ke-102 ini dihadiri pejabat dari Kodam V/Brawijaya dan Korem 083/BDJ Malang, Forkopimda Kabupaten/Kota Probolinggo, sejumlah Kepala OPD, Forkopimka Tiris serta para alim ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat dan pimpinan organisasi kemasyarakatan. Serta para kepala desa dan perangkat desa yang ada di Kecamatan Tiris.

Kegiatan ini ditandai dengan penandatanganan naskah penyerahan dan penerimaan proyek TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 dari Pj Bupati Probolinggo Tjahjo Widodo kepada Dandim 0820 Probolinggo Letkol Kav Depri Rio Saransi. Dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta TMMD dan penyerahan peralatan kerja secara simbolis kepada perwakilan anggota TNI.

Pj Bupati Probolinggo R. Tjahjo Widodo menyampaikan TMMD merupakan program lintas sektoral dengan lokasi sasaran ditempatkan di daerah terpencil, terisolasi dan terpinggirkan. Sedangkan hasilnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat.

“TMMD bukan semata membangun sarana fisik bagi masyarakat desa, melainkan juga menumbuhkan semangat percaya diri masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki serta kesiapsiagaan menghadapi setiap ancaman dan tantangan yang sedang dan akan dihadapi,” ungkapnya.

Lebih lanjut Tjahjo Widodo menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pangdam V Brawijaya, Dandim 0820 Probolinggo dan Kapolres Probolinggo karena kegiatan TMMD ke-102 ini sangat luar biasa. Ada beberapa program yang dilaksanakan seperti menghubungkan desa yang sulit dijangkau padahal desa itu membutuhkan sirkulasi jalan untuk perdagangan serta membangun rumah yang tidak layak untuk ditempat tinggali sehingga bisa ditempati dan langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Termasuk membangun tempat ibadah serta kegiatan penyuluhan. Kegiatan TMMD disampaing membangun juga memberikan spirit, dorongan dan keyakinan bahwa kita bersama-sama mempunyai potensi yang dapat kita gerakkan dan bangun untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.

Sementara Dandim 0820 Probolinggo Letkol Kav Depri Rio Saransi mengungkapkan bahwa kegiatan TMMD ke-102 di Desa Wedusan Kecamatan Tiris ini melibatkan 150 personil terdiri dari Korem 083/BDJ Malang, 1 SST Yonkav 3 Malang, 1 SST 512, gabungan dari intel Korem 083/BDJ Malang, gabungan tim teknis Zipur V Malang, jajaran Korem 083/BDJ Malang dan Kodim 0820 Probolinggo.

“Sasaran kegiatan TMMD ke-102 ini meliputi pembangunan jalan penghubung sepanjang 1.300 meter dengan kelebaran 3,25 meter, sarana tempat ibadah, renovasi RTH serta mengajar membaca bagi masyarakat yang buta huruf selama 30 hari ke depan,” katanya.

Melalui kegiatan TMMD ke-102 ini Letkol Kav. Depri Rio Saransi mengharapkan mampu membangkitkan semangat kemanunggalan TNI sesuai dengan tema Manunggal Membangun Karakter Generasi Milineal.

“Disamping bagaimana kita mewujudkan keinginan pemerintah pusat dalam membangun desa-desa tertinggal sehingga apa yang ada dan dimiliki wilayah setempat bisa membangun dan mewujudkan cita-cita nasional,” tegasnya.

Pembukaan TMMD ke-102 ini dimeriahkan dengan pertunjukan Tarian “Bebeten Tanah Tiris” persembahan dari Sanggar Tiris Bangkit dibawah binaan dari Ketua TP PKK Kecamatan Tiris.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan secara simbolis kepada masyarakat perwakilan penerima berupa handsprayer, peralatan olahraga, buku dan alat tulis untuk masyarakat buta aksara serta alat kontrasepsi.

Kegiatan ini diakhiri dengan peninjauan stand produk unggulan Kabupaten Probolinggo di lokasi pembukaan TMMD ke-102 di Lapangan Desa Condong Kecamatan Gading. Selanjutnya Tjahjo Widodo bersama jajaran Forkopimda melakukan peninjauan proyek TMMD ke-102 di Desa Wedusan Kecamatan Tiris. (wan)