Kamis, Oktober 18, 2018
Beranda > Pendidikan > Peringati Hari Pramuka, Kwarran Besuk Gelar Pertigalang

Peringati Hari Pramuka, Kwarran Besuk Gelar Pertigalang

Reporter : Syamsul Akbar
BESUK – Dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-57, Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Kecamatan Besuk menggelar Perkemahan Bakti Tingkat Pramuka Penggalang (Pertigalang), Minggu hingga Selasa (12-14/8/2018). Peringatan Hari Pramuka ke-57 mengambil tema Pramuka Perekat NKRI.

Kegiatan yang diikuti oleh 50 regu putra dan putri ini dilaksanakan di 2 (dua) titik. Yakni, Gugus Depan (Gudep) SD dan SMP di Bumi Perkemahan (Buper) Bago dan Gudep MI se-Kecamatan Besuk di lapangan MTs Nurul Iman Desa Sindetlami Kecamatan Besuk.

Pertigalang ini dibuka secara resmi oleh Camat Besuk selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Kamabiran) Gerakan Pramuka Kecamatan Besuk Teguh Prihantoro didampingi oleh Ketua Kwarran Gerakan Pramuka Kecamatan Besuk Sofiah Hastuti, Minggu (12/8/2018).

“Setelah lebih dari 5 (lima) tahunan Kwarran Gerakan Pramuka Kecamatan Besuk tidak pernah mengadakan kemah Pramuka, maka peringatan Hari Pramuka tahun ini terasa special. Pertigalang ini bertujuan untuk melatih kemandirian, silaturrahim dan kerjasama serta penguatan pendidikan karakter, ” kata ketua panitia Pertigalang Asmad.

Hal ini sangat tampak dari berbagai sisi seperti semangat semua pihak insan Pramuka, persiapan tim pantos hingga gudep dan peserta didik, atributisasi dan publikasi mantap, susunan acara dan kegiatan sangat menyenangkan, masyarakat hingga aparat pemerintah desa-kecamatan supportnya luar biasa serta lomba, bakti sosial dan dan lain-lain tertata dengan rapi bahkan diterbitkan buku pedoman Kemah dan HUT Pramuka Kwarran Gerakan Pramuka Kecamatan Besuk.

Massajo selaku Wakil Kwarran Humas dalam kepanitiaan mendorong peningkatan kompetensi skill non akademik, ketangkasan dalam organisasi serta jiwa sosial dan cinta NKRI sesuai dengan tema Hari Pramuka ke-57, Pramuka Perekat NKRI.

Sementara Camat Besuk Teguh Prihantoro mengharapkan kepada para kakak pembina pramuka agar kegiatan ini bisa diagendakan setiap setahun sekali pada saat memperingati Hari Pramuka. Untuk adik-adik pramuka ikuti aturan selama perkemahan serta hormati kedua orang tua dan Bapak serta Ibu Guru kalian, pintanya.

Sedangkan Ketua Kwarran Gerakan Pramuka Kecamatan Besuk Sofiah Hastuti sangat mengapresiasi kerja keras para pembina pramuka dan panitia dalam mensukseskan peringatan Hari Pramuka tahun ini serta dukungan semua pihak. Sekaligus semangat dan kerja sama tim sehingga acara pramuka lancar dan sukses. “Meriahnya perkemahan pramuka ini dibuktikan juga dengan ramainya pelaksanaan. Apalagi juga ada pasar malam di lokasi perkemahan,” katanya. (wan)