Kamis, Oktober 18, 2018
Beranda > Kesehatan > Penyerahan Hadiah Pemenang lomba AKI/AKB dan Pangan Sehat

Penyerahan Hadiah Pemenang lomba AKI/AKB dan Pangan Sehat

Reporter : Mujiono
SUKAPURA – Forum Kabupaten Probolinggo Sehat (FKPS) bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo menyelenggarakan Lomba Zero AKI dan AKB serta Lomba Pangan Sehat, Rabu (25/7/2018).

Kegiatan ini merupakan inovasi kesehatan untuk masyarakat Sukapura oleh FKPS yang didukung oleh CSR PT. POMI – Paiton Energy. 12 peserta mengikuti Lomba Zero AKI dan AKB serta Lomba Pangan Sehat pada dalam rangka memeriahkan Bromo Go Healthy and Clean 2018. Lomba ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana inovasi bidang kesehatan oleh masing-masing desa se Kecamatan Sukapura.

Dari penilaian dewan juri pada lomba Zero AKI dan AKB diperoleh hasil sebagai berikut. Juara pertama diraih oleh Desa Sapi Kerep, juara kedua diraih oleh Desa Ngadas dan juara ketiga diraih oleh Desa Ngepung. Sedangkan harapan pertama diraih oleh Desa Sukapura, harapan kedua diraih oleh Desa Sariwani dan harapan ketiga diraih oleh Desa Kedasih.

Untuk Lomba Pangan Sehat, juara pertama diraih oleh Desa Sukapura, juara kedua diraih oleh Puskesmas dan juara ketiga diraih oleh Desa Wonokerto. Sedangkan juara harapan pertama diraih oleh Desa Ngepung, juara harapan kedua diraih oleh Dharma Wanita Persatuan dan juara harapan ketiga diraih oleh Desa Sapi Kerep.

Pada kegiatan yang sama di Rest Area Cemoro Lawang Sukapura, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo memberikan penghargaan Liberti kepada juara pertama Kecamatan Maron, juara kedua diraih oleh Kecamatan Kotaanyar dan juara ketiga diraih oleh Kecamatan Pajarakan.

Sedangkan pemenang juara harapan pertama diraih oleh Kecamatan Dringu dan juara harapan kedua diraih oleh Kecamatan Banyuanyar. Plh. Sekretaris Daerah (Sekda) Sigit Soemarsono menyerahkan langsung penghargaan kepada masing masing pemenang dari juara pertama hingga pemenang harapan ketiga.

Plh. Sekda Sigit Soemarsono menyatakan, dalam mendukung gerakan zero AKI dan AKB di Kabupaten Probolinggo harus terjalin komunikasi yang efektif antara lintas sektor dan lintas program terkait kesehatan ibu dan anak. Sigit jugw menyampaikan terima kasih kepada FKPS dan CSR IPMOMI yang berperan aktif untuk mendorong masyarakat Sukapura menjadi Sukapura yang bersih dan masyarakat yang sehat.

Ketua FKPS dr. Mirrah Samiyah menyampaikan, potensi inovasi kesehatan yang dimiliki masyarakat Sukapura ini harus terus dipelihara dengan baik. Tentunya lokasi destinasi wisata Bromo sasaran yang tepat untuk dikembangkannya inovasi kesehatan. “Dengan demikian diharapkan inovasi ini dapat menciptakan lingkungan bersih, indah, sehat dan menjadikan masyarakat Sukapura yang semakin sejahtera,” harapnya.(y0n)