Sabtu, April 21, 2018
Beranda > Pemerintahan > Penganugrahan Desain Motif Ikon Batik Kabupaten Probolinggo

Penganugrahan Desain Motif Ikon Batik Kabupaten Probolinggo

Reporter : Mujiono

PROBOLINGGO – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo menggelar acara Penganugrahan Desain Motif Ikon Batik Kabupaten Probolinggo, Selasa (10/4/2018) di Paseban Sena Kota Probolinggo.

Kegiatan ini diikuti 95 peserta yang berkompetisi menunjukkan kemampuan, keterampilan dan kratifitasnya dalam mendesain motif ikon batik untuk menjadi identitas ciri khas batik Kabupaten Probolinggo.

Event lomba desain motif batik ini menjadi ajang bagi para desainer muda untuk mendesain ikon Batik Kabupaten Probolinggo dengan motif atau ikon yang didesain khusus untuk perkembangan industri batik khas Kabupaten Probolinggo.

Pendaftaran lomba dan pengiriman materi lomba mulai tanggal 12 Pebruari s/d 12 Maret 2018. Tahap penilaian dilaksanakan tanggal 13 s/d 14 Maret berupa seleksi administrasi. Sedangkan tahap seleksi karya tanggal 15 s/d 19 Maret dan pengumuman 10 nominasi tanggal 20 Maret 2018.

Dari hasil penilaian tim juri yang terdiri dari akademisi, praktisi dan Pemerintah Kabupaten Probolinggo diperoleh pemenang sebagai berikut. Juara pertama diraih oleh Mochammad Ni’am dari Desa Leces Kecamatan Leces. Juara kedua diraih oleh Eva Purnamasari dari Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan dan Juara ketiga diraih oleh Yanti Purnamawati dari Desa Karangpranti Kecamatan Pajarakan.

Masing masing pemenang mendapat penghargaan yabg diserahkan langsung oleh Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan H. Muh. Happy, Kepala Dinas Koperasi Nanang Trijoko Suhartono dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Sigit Sumarsono. Selain itu, seluruh peserta yang mengikuti lomba mendapat sertifikat sebagai bukti pernah ikut serta dalam event tersebut.

Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan H. Muh. Happy menjelaskan, Pemkab Probolinggo terus berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berbasis pada pemberdayaan masyarakat, salah satunya dengan mengaplikasikan potensi masyarakat dalam bentuk Lomba Desain Motif Ikon Batik Kabupaten Probolinggo.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Nanang Trijoko Suhartono menjelaskan, desain motif ikon batik yang menjadi pemenang menjadi hak milik dan akan dipatenkan atas nama Pemkab Probolinggo. Selanjutnya desain motif itu akan diaplikasikan pada batik yang diproduksi oleh pelaku usaha batik di Kabupaten Probolinggo.(y0n)