Jumat, Agustus 17, 2018
Beranda > Kemasyarakatan > Pemkab Sosialisasikan Sistem Rantai Dingin

Pemkab Sosialisasikan Sistem Rantai Dingin

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dalam rangka peningkatan sistem logistik hasil perikanan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Perikanan (Diskan) memberikan sosialisasi sistem rantai dingin di Hotel Alliya Kraksaan, Senin dan Selasa (14-15/5/2018).

Sosialisasi ini diikuti oleh 40 orang peserta yang merupakan para pedagang ikan dari Kecamatan Pajarakan, Kraksaan dan Paiton. Selama kegiatan mereka mendapatkan materi tentang penerapan sistem rantai dingin dalam penanganan hasil perikanan dan cara mempertahankan kesegaran ikan sampai ke konsumen dari UPT P2SKP Mayangan.

Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi melalui Kasi Akses Pasar, Promosi dan Logistik Yasykur mengatakan rantai dingin adalah bagian dari rantai pasok (suplay chain) yang bertujuan untuk menjaga suhu agar produk tetap terjaga selama proses pengumpulan, pengolahan dan distribusi komoditas hingga ke tangan konsumen.

“Sedangkan manajemen rantai dingin adalah seluruh aktivitas rantai pendingin yang dianalisis, diukur, dikontrol, didokumentasikan dan divalidasi agar berjalan secara efektif dan efisien baik secara teknis dan ekonomis,” katanya.

Menurut Yasykur sosialisasi ini bertujuan agar para pedagang ikan dapat memahami tentang pentingnya mempertahankan mutu ikan dengan melihat penanganan saat diproses awal serta penyimpanan dan pengolahan saat tiba di darat. “Serta penanganan saat transportasi ke lokasi tujuan sekaligus penanganan saat bongkar muat dan sistem distribusi ke konsumen, ” pungkasnya. (wan)