Rabu, Desember 12, 2018
Beranda > Kemasyarakatan > Pemkab Sosialisasikan Penerapan SOP Budidaya

Pemkab Sosialisasikan Penerapan SOP Budidaya

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Perikanan (Diskan) memberikan sosialisasi penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) budidaya di Desa Sidopekso Kecamatan Kraksaan, Rabu (5/12/2018).

Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang peserta terdiri dari unsur pembudidaya ikan udang dari Desa Sidopekso Kecamatan Kraksaan dan Desa Gending Kecamatan Gending. Sebagai narasumber hadir Sublandri dari Instalasi Budidaya Air Payau Trenggalek pada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur.

“Dalam sosialisasi ini para pembudidaya ikan udang mendapatkan materi penerapan SOP budidaya udang dengan menggunakan pengelolaan air sebagai median budidaya dengan aplikasi pro biotik dan manajemen pakan,” kata Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi melalui Kepala Bidang Perikanan Budidaya Hari Pur Sulistiono.

Ipung, panggilan akrab Hari Pur Sulistiono menerangkan sosialisasi penerapan SOP budidaya ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai budidaya yang ramah lingkungan dan efektif untuk meningkatkan produksi udang.

“Selama ini sebenarnya sudah dilakukan oleh kelompok, kegiatan ini diperlukan untuk lebih meningkatkan pemahaman tentang manajemen pengelolaan air sebagai median budidaya dan manajemen pakan,” terangnya.

Melalui penerapan SOP budidaya dengan teknis yang ramah lingkungan dan budidaya sistem tradisional ini Ipung mengharapkan agar produksi udang di Kabupaten Probolinggo semakin meningkat. “Dengan demikian pendapatan dan kesejahteraan pembudidaya bisa lebih meningkat,” harapnya. (wan)