Rabu, Desember 12, 2018
Beranda > Pendidikan > Pemkab Serahkan Bantuan Makanan Sehat Kepada Lembaga PAUD

Pemkab Serahkan Bantuan Makanan Sehat Kepada Lembaga PAUD

Reporter : Syamsul Akbar
PAITON – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Pendidikan, Jum’at (12/10/2018) pagi menyerahkan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berupa bantuan makanan sehat di Taman Posyandu (TP) Teratai Desa Binor Kecamatan Paiton.

Bantuan makanan sehat ini berasal dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini kepada lembaga PAUD yang berada di daerah stunting di Kabupaten Probolinggo, salah satunya di Desa Binor Kecamatan Paiton.

PMT berupa bantuan makanan sehat ini diserahkan secara simbolis oleh Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Dewi Korina didampingi Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Dispendik Kabupaten Probolinggo Solikin kepada perwakilan lembaga TP Teratai Desa Binor Kecamatan Paiton.

Untuk Kabupaten Probolinggo, makanan sehat ini diberikan kepada 6 (enam) lembaga. Yakni, PAUD Miftahul Ulum Desa Kalikajar Wetan Kecamatan Paiton, PAUD Darul Falah Desa Tegalwatu Kecamatan Tiris, TP Teratai Desa Binor Kecamatan Paiton, TP Mutiara Bangsa Desa Petunjungan Kecamatan Paiton, TP Pelita Desa Seboro Kecamatan Krejengan dan Kelompok Bermain Asmaul Husna Desa Sogaan Kecamatan Pakuniran.

Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter PAUD dan PNF Dispendik Kabupaten Probolinggo Joely Sandyendraswari Soekarni Johadi mengungkapkan makanan sehat merupakan makanan bergizi seimbang sebagai makanan harian yang memenuhi kebutuhan gizi anak.

“Tujuan pemberian makanan sehat ini untuk meningkatkan kesehatan dan perkembangan kecerdasan peserta didik di lembaga PAUD, membiasakan anak mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang, membiasakan anak berperilaku sesuai tata aturan dan norma saat makan serta meningkatkan pelibatan orang tua dan masyarakat dalam penyiapan makanan sehat bagi anak usia dini,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Dewi Korina mengatakan program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berupa makanan sehat kepada balita di sejumlah Taman Posyandu dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Probolinggo dilakukan dalam rangka mencegah terjadinya stunting (anak dengan tinggi badan kurang), khususnya pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

“Karena pada usia tersebut merupakan puncak dari perkembangan otak dan organ penting lainnya. Harapannya dengan pemberian makanan sehat ini anak bisa tumbuh dengan normal, sehat dan cerdas,” katanya.

Melalui kegiatan PMT berupa makanan sehat sebanyak 20 kali ini, disamping untuk memperbaiki gizi balita harapannya agar para ibu dalam hal ini orang tua balita juga teredukasi untuk lebih peduli dan cermat dalam memberikan asupan makanan kepada anak balitanya dengan makanan yang bergizi tinggi, diolah dengan cara yang benar dan variatif serta yang terpenting disukai anak-anak. “Bahannya dapat diambil dari sekitar sesuai potensi daerah dan tidak harus mahal,” pungkasnya. (wan)