Kamis, Februari 21, 2019
Beranda > Pemerintahan > Pemkab Raih Penghargaan SAKIP Award 2018 Kategori BB

Pemkab Raih Penghargaan SAKIP Award 2018 Kategori BB

Reporter : Syamsul Akbar
BANJARMASIN
– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo menerima penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2018 Kategori BB dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) RI.

Penghargaan SAKIP Award tahun 2018 ini diterima oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Komjend (Pol) Syafrudin di Golden Tulip Galaxy Hotel Kota Banjarmasin, Rabu (6/2/2019).

Laporan Hasil Evaluasi SAKIP Award tahun 2018 ini diberikan karena Pemkab Probolinggo dinilai berhasil menerapkan SAKIP dengan baik dan mewujudkan tingkat efektifitas dan efisiensi dalam penggunaan anggaran demi mencapai sasaran yang telah ditetapkan bagi kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Probolinggo.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Komjend (Pol) Syafrudin mengatakan evaluasi SAKIP bukan sebagai ajang kompetisi tentang keberhasilan mencapai indikator penilaian. Melainkan lebih kepada bagaimana mengasistensi, mendampingi dan memberi saran perbaikan untuk masalah yang dialami. Karena birokrasi harus bertanggungjawab penuh dengan menajamkan dan memantapkan program kegiatan.

“Saya berpesan kepada seluruh Pemerintah Daerah agar lebih aktif melaporkan hasil capaian kinerjanya kepada pemerintah sehingga hasil evaluasi penilaian akan semakin meningkat,” katanya.

Sementara Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengaku sangat bersyukur atas prestasi yang diraih oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo yang berhasil meraih predikat BB atau B2 sebagai motivasi untuk terus meningkatkan kredibilitas pemerintahan dan kinerja.

“Saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh ASN di semua OPD yang sudah berfikir keras dan bekerja keras untuk efisiensi dan lebih fokus kepada perencanaan dan pelaksanaan kegiatan sehingga kita bisa mendapatkan predikat BB. Oleh karena itu, marilah kita terus berinovasi demi efisiensi agar kinerja lebih maksimal dan APBD lebih efisien dan efektif,” ungkapnya. (wan)