Kamis, November 15, 2018
Beranda > Kesehatan > Pemkab Lepas Kontingen Pertida VI Trenggalek Saka Bakti Husada

Pemkab Lepas Kontingen Pertida VI Trenggalek Saka Bakti Husada

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) secara resmi melepas kontingen Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka (Pertida) Bakti Husada VI tingkat daerah Jawa Timur tahun 2018, Senin (9/7/2018) pagi.

Pelepasan ini dilakukan oleh Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo dr. Shodiq Tjahjono didampingi Sekretaris Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Probolinggo Didik S. Wahjudi serta kepala bidang dan kepala seksi Dinkes Kabupaten Probolinggo. Usai dilepas, kontingen berjumlah 18 orang ini selanjutnya akan mengikuti Pertida VI di Bumi Perkemahan Prigi Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek, 10 hingga 14 Juli 2018 mendatang.

Pertida Bakti Husada tahun 2018 ini mengambil tema “Satuan Karya Pramuka Bakti Husada Kader Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Mewujudkan Keluarga Sehat”. Dimana motto kegiatannya Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan dengan slogan Sehat, Terampil dan Gembira.

Dalam sambutannya Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo dr. Shodiq Tjahjono mengungkapkan gerakan pramuka merupakan wadah pendidikan luar sekolah dan di luar keluarga, dilaksanakan dalam berbagai bentuk kegiatan yang menarik, menantang dan menyenangkan dengan menggunakan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan.

“Berbagai kegiatan yang diselenggarakan gerakan pramuka tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan jiwa peserta didik, sebagai upaya pencapaian tujuan akhir proses pembinaan. Yakni pembentukan watak dan karakter yang sesuai dengan perkembangan zaman. Salah satu kegiatan tersebut adalah Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka (Pertida) Bakti Husada,” ungkapnya.

Menurut Shodiq, Pertida Bakti Husada ini merupakan pertemuan anggota Saka Bakti Husada se-Jawa Timur yang merupakan pertemuan dengan melakukan kegiatan yang inovatif dan rekreatif serta mengandung unsur bakti masyarakat.

Sementara Kasi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Kabupaten Probolinggo Sri Rusminah mengatakan Pertida Bakti Husada ini dimaksudkan sebagai wahana pertemuan bagi pramuka penegak dan pandega anggota Satuan Karya Pramuka Bakti Husada guna menggalang persaudaraan, meningkatkan kualitas SDM pramuka, menambah pengalaman, ketrampilan dan wawasan.

“Selain itu, membangun diri dan prestasi pramuka penegak dan pandega anggota Satuan Karya Pramuka Bakti Husada melalui pelaksanaan kegiatan kepramukaan yang dikemas secara kreatif, inovatif, produktif, rekreatif serta menjalin rasa persatuan dan kesatuan guna mewujudkan cita-cita gerakan pramuka,” katanya.

Sri Rusminah menambahkan kegiatan Pertida Bakti Husada tahun 2018 ini bertujuan memberikan wawasan dan pengalaman anggota pramuka Satuan Karya Pramuka Bakti Husada dalam ketrampilan serta pengembangan dunia kesehatan serta memperkuat tali silaturahim antar anggota Satuan Karya Pramuka Bakti Husada.

“Sasarannya meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan, meningkatkan wawasan kebangsaan, meningkatkan kepemimpinan serta memperoleh tambahan ketrampilan dan pengalaman yang relevan di bidang kesehatan, ” pungkasnya. (wan)