Rabu, November 21, 2018
Beranda > Kemasyarakatan > Pemkab Gelar Pelatihan Bisnis Strategi Pengembangan Usaha Bagi UMKM

Pemkab Gelar Pelatihan Bisnis Strategi Pengembangan Usaha Bagi UMKM

Reporter : Syamsul Akbar
GADING – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro menggelar business coaching (pelatihan bisnis) strategi pengembangan usaha bagi UMKM di Kampoeng Kita Hotel & Resto Desa Condong Kecamatan Gading, Senin hingga Kamis (5-8/11/2018).

Kegiatan ini diikuti oleh 80 orang pelaku UMKM yang dibagi dalam 2 (dua) kelas yang masing-masing diikuti oleh 40 orang. Terdiri dari bidang handycraft, batik dan olahan makanan minuman. Sebagai instruktur adalah Tim Narasumber Utama Bhakti Consultant Kabupaten Jember.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Nanang Trijoko Suhartono melalui Kasi Pengembangan Informasi Bisnis Imam Suyitno mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan jiwa entrepreneurship bagi UMKM melalui motivasi entrepreneurship, sehingga UMKM dapat memiliki daya juang dan kemandirian yang kuat.

“Selain itu, meningkatkan kualitas pengelolaan usaha bagi UMKM sesuai dengan standar pengelolaan usaha yang baik serta mengembangkan pola manajemen untuk meningkatkan manajemen usaha bagi UMKM melalui manajemen produksi dan pengendalian kualitas produk,” katanya.

Menurut Imam, kegiatan ini merupakan salah satu upaya agar pelaku UMKM bisa mengembangkan perencanaan usaha (bisnis plan) untuk merencanakan pengembangan usaha secara sistematis dan berkesinambungn.Sekaligus meningkatkan kemampuan komunikasi bisnis bagi pelaku UMKM, sebagai upaya meningkatkan kapasitas SDM dari pelaku UMKM.

“Disamping mengembangkan strategi peningkatan pasar bagi UMKM sebagai upaya meningkatkan jaringan kerja sama dan pangsa pasar UMKM. Serta peningkatan kapasitas usaha bagi UMKM untuk mewujudkan UMKM naik kelas,” terangnya.

Melalui kegiatan ini Imam mengharapkan pelaku UMKM dapat memiliki dan lebih meningkatkan jiwa entrepreneurship sehingga memiliki daya juang dan kemandirian serta pelaku UMKM dalam melaksanakan pengelolaan usahanya dapat menerapkan manajemen usaha yang baik meliputi manajemen produksi, manajemen pemasaran, SDM dan dapat memiliki perencanaan usaha ke depan.

“Dengan kegiatan ini diharapkan nantinya dapat mewujudkan program dari Kementerian Koperasi dan UMKM Republik Indonesia dalam mewujudkan UMKM naik kelas,” harapnya. (wan)