Jumat, Januari 18, 2019
Beranda > Pemerintahan > Pemkab Gelar Bimtek Kader Pemberdayaan Masyarakat

Pemkab Gelar Bimtek Kader Pemberdayaan Masyarakat

Reporter : Syamsul AKbar
Jum’at, 14 April 2017

SUKAPURA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menggelar bimbingan teknis (bimtek) Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM) di Hotel Nadia Kecamatan Sukapura, Selasa hingga Kamis (11-13/4/2017).

Kegiatan ini diikuti oleh 48 orang KPM yang berasal dari desa-desa di Kecamatan Sukapura, Wonomerto, Kuripan dan Gading. Selama kegiatan mereka mendapatkan materi dari DPMD Provinsi Jawa Timur, DPMD Kabupaten Probolinggo dan KPM Pemenang Lomba KPM Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2016.

Kasi Pendampingan Desa dan Lembaga Adat DPMD Kabupaten Probolinggo Sudartik mengungkapkan bimtek ini memberikan bekal pengetahuan dan pemahaman tentang tugas pokok dan fungsi KPM untuk memperkuat dukungan terhadap pembangunan di desa. “Selain itu, meningkatkan pengetahuan KPM sehingga mampu memainkan perannya sebagai agen pembangunan di desa,” ungkapnya.

Sementara Kepala DPMD Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto mengatakan dalam upaya meningkatkan daya saing desa, perlu digali inovasi-inovasi baru yang bersumber dari potensi yang dimiliki oleh desa itu sendiri.

“Kader Pemberdayaan Masyarakat adalah anggota masyarakat desa dan kelurahan yang memiliki pengetahuan, kemauan dan kemampuan untuk menggerakkan masyarakat berpartisipasi dalam pemberdayaan masyarakat dan pembangunan partisipatif dalam rangka membantu pemerintah desa meningkatkan pembangunan di wilayahnya,” katanya.

Menurut Heri, seorang KPM harus mampu memotivasi dan menggerakkan masyarakat serta membimbing kelompok masyarakat mulai tahapan proses perencanaan, pelaksanaan hingga pengendalian pembangunan. Dengan demikian akan mampu menumbuh kembangkan prakarsa dan swadaya gotong royong masyarakat.

“Melihat begitu pentingnya peranan seorang KPM, maka kegiatan ini merupakan langkah maju dan benar-benar mempertimbangkan aspek strategis dalam upaya memberdayakan masyarakat ditinjau dari peran aktif masyarakat desa guna membangun desanya,” pungkasnya. (wan/why)