Sabtu, Mei 26, 2018
Beranda > Kesehatan > Pemkab-BPJS Rilis Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Bagi 4.086 Perangkat Desa

Pemkab-BPJS Rilis Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Bagi 4.086 Perangkat Desa

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Untuk lebih memasyarakatkan BPJS menjadi Desa Sadar terhadap jaminan sosial, BPJS Pasuruan merilis (launching) kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan bagi 4.086 Perangkat Desa se-Kabupaten Probolinggo, Rabu (20/12/2017) di Gedung Djoyolelono Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten Administrasi Perekonomian dan Perekonomian Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Muh. Happy dan Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Probolinggo H. Asy’Ari yang mewakili Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE didampingi oleh jajaran OPD terkait Kabupaten Probolinggo.

Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Probolinggo Muh. Happy menjelaskan bahwa para kepala desa beserta perangkat desa berhak mendapatkan perlindungan jaminan sosial. Oleh karena itu saat beraktivitas para pekerja akan mendapat kenyamanan dan ketenangan dalam melaksanakan aktifitasnya.

“Dari kegiatan ini pula dapat meningkatkan kepesertaan selalu memberikan pemahaman tentang manfaat perlindungan jaminan sosial. Manfaat ini bukan hanya pekerja yang ada di perusahaan maupun usaha lainnya, melainkan yang mempunyai pekerjaan lain berhak mendapatkan perlindungan keselamatan kerja,” katanya.

Sementara Kepala BPJS Pasuruan Wahyudi Purwanto mengungkapkan dengan dilaksanakannya launching kepesertaan BPJS BPJS Ketenagakerjaan ini diharapkan dapat bermanfaat untuk memberikan perlindungan. Artinya perlindungan dari resiko kehilangan penghasilan akibat kecelakaan kerja dan kematian.

“Perlu diketahui oleh semua kepala desa dan perangkat desa yang mendaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan bahwasannya ada 4 (empat) program yang dilaksanakan oleh BPJS. Yakni jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian dan 2 program lain berupa manfaatnya untuk bekal masa hari tua diantaranya jaminan hari tua dan jaminan pensiun,” ungkapnya.

Sebagai bentuk kerjasama yang baik, telah dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman bersama antara Pemkab Probolinggo yang diwakili oleh Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Probolinggo Muh. Happy dengan Kepala BPJS Pasuruan Wahyudi Purwanto.

Sedangkan launching kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Muh. Happy. Selain itu diserahkan pula Kartu BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis kepada 3 (tiga) orang kepala desa yang juga pengurus Apdesi Kabupaten Probolinggo. (y0n)