Kamis, Oktober 18, 2018
Beranda > Pendidikan > Pembuka GSI, SMPN 1 Bantaran Kalahkan SMPN 1 Krejengan 4-0

Pembuka GSI, SMPN 1 Bantaran Kalahkan SMPN 1 Krejengan 4-0

Reporter : Syamsul Akbar
GENDING – Partai pembuka kejuaraan Gala Siswa Indonesia (GSI) Jenjang SMP Tingkat Kabupaten Probolinggo yang digelar oleh Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo, Selasa (7/8/2018) di Lapangan Elang Muda Desa Bulang Kecamatan Gending ditandai dengan pertandingan antara SMPN 1 Bantaran dengan SMPN 1 Krejengan.

Pertandingan pembuka kejuaraan GSI yang baru pertama kalinya digelar ini ditandai dengan tendangan bola pertama oleh Sekretaris Dispendik Kabupaten Probolinggo Sentot Dwi Hendriyono.

Turut mendampingi Ketua Umum KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko, Forkopimka Kecamatan Gending, perwakilan Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Probolinggo, Disporaparbud (Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan), para pengawas SMP, Kepala SMP serta MGMP PJOK Kabupaten Probolinggo.

Dalam pertandingan pembuka ini, para pemain SMPN 1 Bantaran langsung mengambil inisiatif serangan sejak peluit awal pertandingan dibunyikan oleh wasit. Serangan demi serangan terus dilancarkan ke pertahanan SMPN 1 Krejengan. Babak pertama berakhir skor 2-0 untuk SMPN 1 Bantaran.

Memasuki babak kedua, para pemain SMPN 1 Bantaran tetap memegang kendali permainan. Meskipun demikian, sesekali para pemain SMPN 1 Krejengan mengimbangi dengan melancarkan serangan balik. Memasuki detik-detik akhir pertandingan, gawang SMPN 1 Krejengan kembali harus kebobolan 2-0. Hingga babak akhir pertandingan SMPN 1 Bantaran menang 4-0 atas SMPN 1 Krejengan.

Kemenangan ini disambut dengan antusias oleh seluruh pemain dan official. Selanjutnya, atas kemenangan ini SMPN 1 Bantaran akan berhadapan dengan tim tuan rumah SMPN 1 Gending pada babak perempat final.

Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SMP Dispendik Kabupaten Probolinggo Sunalis mengungkapkan GSI Jenjang SMP ini bertujuan untuk meningkatkan kondisi kompetitif secara sehat dan fair play serta melatih sportivitas dan tanggung jawab.

“Selain itu, mengembangkan bakat dan minat siswa dalam cabang olahraga sepak bola. Sekaligus meningkatkan persatuan dan kesatuan antara siswa seluruh Indonesia, wabil khusus di Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya.

Melalui perhelatan GSI ini Sunalis mengharapkan nantinya ada peningkatan kesehatan jasmani serta terpilihnya siswa terbaik dalam cabang olahraga sepak bola sebagai bibit unggul atlet ke tingkat provinsi maupun nasional.

“Disamping itu, terjalinnya persatuan dan kesatuan antara siswa melalui Gala Siswa Indonesia dan menghidupkan persepakbolaan bagi para siswa seluruh Indonesia,” pungkasnya.

Selain pertandingan antara SMPN 1 Bantaran dan SMPN 1 Krejengan, perhelatan hari pertama GSI ini juga mempertandingkan 4 (empat) pertandingan lain. Yakni, wakil dari Kecamatan Maron kalah dari Kecamatan Leces melalui drama adu pinalti 2-4, Kecamatan Besuk menang atas Kecamatan Pakuniran 3-0, Kecamatan Paiton menang tipis atas Kecamatan Kraksaan 1-0 dan Kecamatan Sumberasih perta gol ke gawang Kecamatan Kotaanyar 10-0. (wan)