Rabu, November 21, 2018
Beranda > Pendidikan > Pelayanan Pos PAUD Terintegrasi Dengan Posyandu

Pelayanan Pos PAUD Terintegrasi Dengan Posyandu

Reporter : Syamsul Akbar
BESUK – Setiap sebulan sekali Pos PAUD Desa Besuk Agung binaan dari PKBM Insan Cendekia Kecamatan Besuk bergabung menjadi satu kegiatan dengan posyandu di Balai Desa Besuk Agung Kecamatan Besuk, Kamis (1/11/2018).

Dalam kesempatan tersebut semua berkumpul mulai dari bidan desa, Ketua LPP, kader dan Bunda Pos PAUD. Mereka mendapatkan materi bekerja sama dan pengarahan dari Ketua LPP dan bidan desa tentang kesehatan mata.

Perawatan dan pemenuhan gizi nutrisi para baduta agar tumbuh kembang normal dan sempurna semua organ tubuh para baduta sangatlah penting. Melalui program Pos PAUD yang ada di 7 desa se-Kecamatan Besuk telah terpadu rutin setiap bulan bersama Puskesmas Besuk dan Bago, kata Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo.

Sore harinya, kegiatan yang sama juga dilakukan di Pos PAUD Sunda Kelapa, tepatnya kediaman H Ismail di Dusun Krajan Desa Alasnyiur Kecamatan Besuk. Sama halnya dengan di Desa Besuk Agung, dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyampaian materi penyuluhan oleh bidan puskemas tentang pentingnya menjaga dan merawat mata para baduta.

Menurut Massajo, agar penglihatan para baduta normal dan tumbuh sempurna, maka tips/cara yang harus diperhatikan para orang tua diantaranya asupan gizi makanan dan nurisi yang baik untuk merawat mata baduta terutama vitamin A dan tambahan susu formula yang cocok.

Warna-warni APE dan mainan-mainan yang digunakan Baduta jangan warna yang tajam dan mencolok. Belikan warna yang sofly (warna-warna lembut), karena akan berpengaruh merangsang emosi dan pandangan baduta, pengaruh paparan cahaya lampu, cahaya HP, televisi dan lain sebagainya hendaknya harus diperhatikan. Orang tua harus memberi contoh yang baik dan periksalah ke dokter anak, terangnya.

Massajo berpesan kepada para Ketua LPP, Bunda Pos PAUD, kepala desa dan lain sebagainya dengan pelibatan para pihak-pihak yang berkompeten dalam kegiatan Pos PAUD tentu akan semakin baik dalam pengelolaan kegiatan.

Jangan lupa semua aktifitas di Pos PAUD harus tercatat dengan baik dan rapi. Kebetulan saya selalu selalu mengikuti dan memantau perkembangan Pos PAUD melalui satuan PKBM dan para Bunda Pos PAUD, pungkasnya. (wan)