Senin, Juli 23, 2018
Beranda > Kemasyarakatan > Lomba Olahraga Tradisional Meriahkan Harjakabpro ke-272

Lomba Olahraga Tradisional Meriahkan Harjakabpro ke-272

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Suasana halaman Kantor Bupati Probolinggo mendadak riuh ramai dengan sorakan Karyawan/ti delegasi OPD lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

Pasalnya hari ini, Kamis (12/04/2018) Dalam rangka menyemarakaan Hari Jadi Kabupaten Probolinggo (Harjakabpro) ke-272 Pemerintah Kabupaten Probolinggo menggelar lomba olahraga tradisional antar OPD. Perlombaan yang selalu dilaksanakan tiap tahun ini selalu sukses menyedot antusias peserta.

Olahraga tradisional yang diperlombakan dan dipertandingkan meliputi, terompah raksasa, sepeda lambat, tarik tambang dan balap karung. Lomba yang digelar oleh Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo ini menggunakan sistem gugur.

Kasi Olahraga pada Disporaparbud Kabupaten Probolinggo, Ganet mengungkapkan selain untuk menyambut Harjakabpro ke-272, lomba olahraga tradisional ini bertujuan untuk menyemarakkan, memasyarakatkan, dan membudayakan kembali olahraga tradisional. Di samping untuk menjaga kebugaran dan kesehatan.

”Olahraga tradisional ini Selain menyehatkan juga merupakan warisan nenek moyang kita yang syarat dengan persatuan. Hal ini akan menjadi media rekreatif yang murah dan menyenangkan,” jelas Ganet.

Sepanjang pelaksanaan perlombaan tahunan ini para peserta begitu bersemangat mengikuti lomba tersebut. Tidak hanya peserta yang membuat suasana lebih terasa ramai dan menarik, namun peran para suporternyapun dalam memberikan dukungan kepada tim kesayangan mereka juga terlihat antusias.

Walaupun panas, tetapi tiap peserta tetap menampilkan permainan terbaiknya untuk memenangkan pertandingan. Apalagi teriakan-teriakan penonton yang terus terdengar untuk memberikan semangat dan motivasi sepanjang pertandingan.

Disisi lain dalam keriuhan itu ada satu yang belum pernah ada pada tahun-tahun sebelumnya dan cukup menarik perhatian peserta lomba dan pejabat OPD yang mengikuti perlombaan itu. Disporaparbud memberikan kesempatan kepada mereka untuk mencoba cabang olahraga memanah.

Wahyu Hidayat, kasi Infokom Publik pada Diskominfo Kabupaten Probolinggo juga tidak mau ketinggalan mencoba cabang olahraga ini. Setelah mendengar petunjuk singkat dari expert yang bertugas saat itu ia pun segera mencobanya.

“Ternyata olahraga memanah ini sangat menyenangkan dan cukup menguras energi, butuh fokus, ketenangan dan kekuatan pada lengan kita agar bisa mengarahkan anak panah menuju target,” tandasnya. (dra)