Sabtu, Mei 26, 2018
Beranda > Pendidikan > Lolos Administrasi, Calon GTT Tes Wawancara

Lolos Administrasi, Calon GTT Tes Wawancara

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi, puluhan calon Guru Tidak Tetap (GTT) untuk lembaga SD/SMP negeri di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo mengikuti tes wawancara di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo, Rabu (7/2/2018). Tes wawancara ini diikuti oleh 47 orang untuk SD dan 26 orang untuk SMP. Materi tes wawancara meliputi performance, komitmen, kompetensi akademik dan pengalaman pengabdian pada satuan pendidikan.

Ketua Penyelenggara Seleksi Penerimaan GTT pada Satuan Pendidikan SD/SMP Negeri di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo Erlin Setiawati mengatakan seleksi penerimaan GTT SD/SMP negeri ini diikuti oleh 142 orang pendaftar terdiri dari 98 orang SD dan 44 orang SMP.

“Pelaksanaan seleksi GTT tahun ini tidak sama dengan yang kemarin karena memang formasinya sudah ditentukan untuk mengatasi kekurangan guru. Sebab kebutuhan guru ini benar-benar sangat mendesak sehubungan dengan banyaknya guru yang sudah pensiun,” katanya.

Erlin menerangkan, lembaga pendidikan yang mengalami kekurangan guru terdapat di 7 (tujuh) kecamatan untuk jenjang SD dan 15 kecamatan untuk jenjang SMP. Umumnya kekurangan guru ini terdapat di daerah dataran tinggi. “Kalau sudah mengikuti seleksi GTT ini tentunya sudah ada komitmen mau ditempatkan di seluruh wilayah Kabupaten Probolinggo,” tegasnya.

Untuk lembaga SD, pengadaan GTT ini disesuaikan dengan kemampuan APBD Kabupaten Probolinggo. Kebutuhan tersebut meliputi guru Pendidikan Agama Islam dan guru Penjaskes. Sementara untuk lembaga SMP disesuaikan dengan dana BOS dan kebutuhannya sesuai dengan mata pelajaran (mapel) masing-masing.

“Semoga dengan adanya seleksi GTT ini, mampu mengatasi kebutuhan guru di lembaga SD/SMP negeri di Kabupaten Probolinggo. Sehingga proses pendidikan bisa berjalan dengan normal,” harapnya.

Pengumuman hasil tes wawancara GTT ini akan disampaikan pada Kamis (8/2/2018). Selanjutnya Jumat (9/2/2018) akan dilakukan pengusulan SK (Surat Keputusan) Bupati Probolinggo tentang Pengangkatan GTT pada Satuan Pendidikan SD/SMP Negeri di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo. (wan)