Senin, Desember 10, 2018
Beranda > Kemasyarakatan > Kwarcab Pramuka Lepas Ratusan Kontingen Festival Wirakarya Kampung Kelir

Kwarcab Pramuka Lepas Ratusan Kontingen Festival Wirakarya Kampung Kelir

Reporter : Syamsul Akbar
TONGAS – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko, Selasa (7/8/2018) pagi melepas sedikitnya 250 orang penegak putra dan putri sebagai kontingen Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka Zona XI di Lapangan Desa Bayeman Kecamatan Tongas.

Selanjutnya kontingen Kabupaten Probolinggo ini akan mengikuti Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka Zona XI di Desa Tosari Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan selama 4 (empat) hari, Selasa hingga Jumat (7-10/8/2018). Mereka akan bergabung dengan ratusan kontingen dari Kota Probolinggo dan Kabupaten/Kota Pasuruan.

Pelepasan kontingen ini dihadiri oleh seluruh jajaran pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo, Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Tongas, Forkopimka Tongas serta para pembina pramuka yang ada di Kecamatan Tongas.

Dalam sambutannya Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko meminta agar seluruh kontingen Kabupaten Probolinggo supaya menjaga kesehatan karena di lokasi tersebut cuacanya dingin.

“Tolong ikuti semua kegiatan dengan sungguh-sungguh dan berupaya untuk berprestasi seperti kegiatan serupa tahun 2017 di Desa Kalibuntu Kecamatan Kraksaan. Dimana salah satu kontingen Kabupaten Probolinggo bisa tampil terbaik dan berkesempatan ke Korea Selatan,” katanya.

Tidak lupa Kak Timbul juga berpesan agar para kontingen Kabupaten Probolinggo untuk selalu berusaha mencari teman sebanyak-banyaknya. Karena dengan berkenalan dengan peserta sebanyak-banyaknya, maka bisa menjadi duta dalam mengenalkan Kabupaten Probolinggo baik dari segi wisata, ekonomi, sosial maupun yang lainnya.

“Nantinya adik-adik akan ditempatkan di rumah-rumah warga. Sehingga antara satu dengan yang lainnya harus selalu saling berinteraksi. Disana adik-adik akan melakukan kegiatan bakti sosial seperti mengecat tembok dan membersihkan lingkungan warga dalam kegiatab Festival Wirakarya Kampung Kelir,” tegasnya.

Kak Timbul juga berharap kepada seluruh kontingen yang ikut dalam festival ini untuk selalu menjaga nama baik Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo. Selain itu, peserta diminta supaya selalu mengembangkan kreatifitas semaksimal mungkin demi mendaptkan hasil yang memuaskan di akhir festival.

“Saya berpesan semoga peserta yang ikut dalam Festival Wirakarya Kampung Kelir ini dapat berkarya dengan maksimal serta menjaga nama baik Kwarcab Gerakan Pramuka selama berada di Pasuruan,” pungkasnya.

Sementara Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Didik S Wahjudi mengungkapkan bahwa Festival Wirakarya Kampung Kelir ini diadakan oleh Kwartir Daerah Provinsi Jawa Timur. Dimana kegiatannya meliputi kerja bakti masyarakat berupa pengecatan rumah-rumah warga, sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta lomba kecerdasan baik di pengetahuan pramuka maupin pengetahuan umum lainnya.

“Nantinya akan ada diambil juara di masing-masing zona untuk berkompetisi di tingkat Jawa Timur. Selanjutnya juara di tingkat Jawa Timur mendapatkan kesempatan ke luar negeri. Rencananya untuk tahun ini ke Thailand,”  ungkapnya. (wan)