Jumat, Januari 18, 2019
Beranda > Pendidikan > Kwarcab Gerakan Pramuka Gelar Karang Pamitran Cabang 2018

Kwarcab Gerakan Pramuka Gelar Karang Pamitran Cabang 2018

Reporter : Mujiono

SUMBERASIH – Dalam rangka peningkatan kapasitas para pembina Pramuka, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Probolinggo menggelar kegiatan Karang Pamitran Cabang 2018 di Bumi Perkemahan Desa Banjarsari Kecamatan Sumberasih.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari itu dibuka secara resmi oleh Ketua Kwarcab Kabupaten Probolinggo Kakak H.A.Timbul Prihanjoko, Jum’at (9/10/2018).

Turut hadir pada opening ceremony tersebut Ketua Harian Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Timur Kakak H. Purmadi dan segenap pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Probolinggo. serta kakak kakak ketua kwartir ranting gerakan pramuka se Kabupaten Probolinggo.

Pembukaan Karang Pamitran Cabang 2018 ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Kak Timbul Prihanjoko pada perwakilan peserta. Pada kesempatan tersebut diserahkan dana bumbung kemanusiaan oleh Kak Timbul Prihanjoko kepada Kak Purmadi. Dana bumbung kemanusiaan ini adalah bentuk kepedulian anggota Pramuka Kabupaten Probolinggo pada korban bencana Palu dan Donggala.

Kak Timbul Prihanjoko pada sambutannya menjelaskan, Karang Pamitran Cabang tahun 2018 ini merupakan tindaklanjut Karang Pamitran tingkat nasional di bumi perkemahan Lebakharjo Kabupaten Malang bulan Agustus yang lalu. Dijelaskannya, Karang Pamitran adalah media pertemuan para pembina dan pelatih Pramuka dari semua tingkatan.

Kak Timbul mengingatkan peran penting pembina Pramuka yang punya arti penting dan dan mulia. “Bertepatan dengan momentum 10 November ini kami mengajak seluruh stakeholder untuk bersinergi mewujudkan pembina dan pelatih Pramuka yang semakin berkualitas dan profesional,” tegasnya.

Sementara Ketua Harian Kwarda Jatim Kak Purmadi menyampaikan, di zaman ini terjadi krisis keteladanan yang pada akhirnya dapat merusak generasi muda. “Gerakan Pramuka harus mampu berada di garda terdepan dalam menanggulangi krisis keteladanan tersebut. Oleh karena itu pembina Pramuka harus bisa memposisikan dirinya menjadi idola dan teladan bagi adik-adiknya,” ujarnya.

Ditambahkannya, Gugus Depan (Gudep) adalah ujung tombak satuan pendidikan kepramukaan di Indonesia sebab Gudep mempunyai dua fungsi sekaligus yakni satuan pendidikan dan satuan organisasi. “Kami mengajak kaka-kakak pembina satuan untuk berhijrah ke bumi digital artinya kakak pembina latihan gugus depan ilmu pengetahuannya di transfer melalui alat digital,” harapnya.

Kegiatan Karang Pamitran Cabang ini diikuti oleh pembina Pramuka dari 24 Kwartir Ranting (Kwaran). Masing-masing Kwaran mengirimkan sepuluh orang delegasi yang terdiri dari lima orang pembina putra dan lima orang pembina putri.

Selama tiga hari para peserta mengikuti beberapa macam kegiatan. Salah satunya workhsop jurnalistik yang dilaksanakan Jum’at (9/11/2018) siang sebelum opening ceremony. Khusus untuk workshop jurnalistik ini, panitia mendatangkan narasumber dari Dinas Kominfo Kabupaten Probolinggo yang memberikan materi seputar kegiatan jurnalistik dan pemanfaatan kemajuan teknologi dalam penyebarluasan informasi.(Y0n)