Rabu, September 19, 2018
Beranda > Kemasyarakatan > Kunjungi Wisata Pulau Sumenep, Jajaki Paket Wisata dengan Gunung Bromo

Kunjungi Wisata Pulau Sumenep, Jajaki Paket Wisata dengan Gunung Bromo

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Sebagai tindak lanjut usulan kerjasama yang diajukan oleh Konsorsium Travel Jawa Timur (EJTCA), Pemkab Probolinggo melalui fasilitasi Dinas Pemuda, Olah Raga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud), Kamis (13/9/2018) mengunjungi dua pulau di Kabupaten Sumenep yang rencananya akan dijadikan satu paket destinasi wisata bersama Gunung Bromo. Dua pulau tersebut adalah Pulau Gili Labak dan Pantai Sembilan Pulau Gili Genting.

Peninjauan ke dua pulau tersebut diikuti oleh perwakilan dari Dinas Perhubungan, Diskominfo, Bagian Hukum dan Bagian Pemerintahan, dan Bappeda. Tujuannya adalah untuk melihat langsung potensinya dan apakah layak untuk menjadi satu paket dengan Gunung Bromo.

Untuk sampai ke dua pulau tersebut, rombongan memanfaatkan sarana transportasi Kapal Cepat Marina Srikandi 1. Dengan kapal cepat berkapasitas 78 perjalanan menuju Gili Labak ditempuh selama 2 jam. Di pulau yang dihuni 37 Kepala Keluarga (KK) ini wisatawan disuguhi beningnya air laut dan keindahan pantai dengan pasir putihnya.

Dari Gili Labak perjalanan dilanjutkan ke Gili Genting dengan jarak tempuh 20 menit perjalanan dengan kapal cepat dari Gili Labak. Gili Genting terkenal dengan keindahan pantainya yang diberi nama Pantai Sembilan. Sama dengan Gili Labak, di Pantai Sembilan wisatawan bisa menikmati keindahan laut dan pantai dengan pasir putihnya.

Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo M. Sidik Widjanarko menjelaskan, kunjungan tim ini untuk melihat seberapa layak potensi pada dua objek wisata pantai tersebut untuk dijadikan satu paket wisata bersama Gunung Bromo. Sejauh mana kesiapan kedua destinasi wisata itu untuk menerima kunjungan wisatawan selepas dari Gunung Bromo.

SIni juga merupakan bagian dari promosi wisata Gunung Bromo agar semakin membooming dan diminati masyarakat luas. Pihak konsorsium akan turut mempromosikan objek wisata Gunung Bromo secara cuma-cuma. “Tentunya kami akan mendorong paket wisata lainnya yang ada di Kabupaten Probolinggo agar lebih berkembang dan dikenal secara luas sehingga mampu memberikan kontribusi pada daerah dan masyarakat,” jelasnya.

Perwakilan konsorsium travel Jawa Timur Fadel menyampaikan, paket destinasi wisata Gunung Bromo dan dua pulau di Kabupaten Sumenep merupakan bagian pengembangan paket destinasi wisata terbaru di Jawa Timur. Dimana dua pulau di Kabupaten Sumenep tergolong wisata baru dan perlu dukungan obyek wisata yang sudah dikenal seperti Gunung Bromo.(y0n)