Kamis, Februari 21, 2019
Beranda > Pemerintahan > Komitmen Berikan Pelayanan Publik Cepat dan Murah

Komitmen Berikan Pelayanan Publik Cepat dan Murah

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten Probolinggo telah berkomitmen bagaimana mampu memberikan pelayanan publik yang cepat dan murah kepada masyarakat. Oleh karenanya, ke depan akan hadir Mall Pelayanan Publik yang akan menempati Eks Kantor Bupati Probolinggo di Kecamatan Dringu.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE ketika membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Probolinggo tahun 2018-2023 di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo, Selasa (4/12/2018).

“Insya Allah akan segera hadir Mall Pelayanan Publik di Kabupaten Probolinggo pada minggu ketiga bulan Desember 2018. Semoga Mall Pelayanan Publik ini mampu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat di Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Selain itu jelas Bupati Tantri, juga akan ada penguatan pelayanan publik di 24 kecamatan di Kabupaten Probolinggo. Nantinya di 22 kecamatan akan segera menerapkan pelayanan online. Karena 2 kecamatan yakni Kecamatan Dringu dan Sumberasih sudah menerapkan layanan online melalui aplikasi Layanan Cepat Administrasi Kecamatan (Lapak).

“Nantinya pelayanan publik secara online ini akan diterapkan di 22 kecamatan lain sehingga pelayanan cukup maksimal di tingkat kecamatan sampai ke desa. Dengan demikian masyarakat bisa memperoleh pelayanan publik dengan baik,” jelasnya.

Menurut Bupati Tantri, isu strategis terkait dengan jalan tol dan perkembangan UMKM akan menjadi pemikiran bersama dan akan ditindaklanjuti dengan perkembangan yang ada. Perlu ada langkah-langkah strategis dengan keberadaan jalan tol. Terutama perkembangan restoran dan hotel yang berada pada jalur jalan nasional yang tidak terlewati jalan tol.

“Harus ada upaya yang strategis dan komitmen bersama, agar dengan keberadaan jalan tol ini perkembangan restoran dan hotel yang berada di jalur jalan nasional tetap hidup,” ungkapnya.

Terkait dengan keberadaan UMKM di Kabupaten Probolinggo jelas Bupati Tantri, saat ini Pemerintah Kabupaten Probolinggo telah membuat aplikasi e-commerce (penjualan online) khusus produk-produk UKM Kabupaten Probolinggo.

“Paling tidak nantinya ada aplikasi toko online. Sehingga masyarakat tidak bingung mau menjual produknya dimana karena sekarang sudah masuk era online. Ini yang terus kita dorong supaya segera terealisir agar memberikan dampak yang nyata bagi UKM di Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (wan)