Beranda > Pemerintahan > Ke Kabupaten Probolinggo, Menteri ESDM Kunjungi PLTU Paiton Dan Gunung Bromo

Ke Kabupaten Probolinggo, Menteri ESDM Kunjungi PLTU Paiton Dan Gunung Bromo

Reporter : HENDRA TRISIANTO

PAITON – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan didampingi Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE mengunjungi kompleks PLTU Paiton, Selasa (08/01/2019) siang.

Jonan sangat mengapresiasi atas prestasi yang dimiliki PT PJB sebagai Unit Pembangkitan pertama dan satu- satunya yang mendapatkan Proper Emas di PLN Group. Hal ini merupakan penghargaan tertinggi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) atas pengelolaan lingkungan hidup.

Dalam kesempatan tersebut Jonan juga mengemukakan salah satu target utama Pemerintah pada sektor ESDM adalah mengupayakan capaian Rasio Elektrifikasi pada angka 99% hingga akhir tahun 2019 nanti, lebih besar dari target RPJMN sebesar 96%. Upayanya adalah dengan terus melanjutkan pembangunan transmisi distribusi utamanya di daerah yang belum terlayani listriknya.

“Tentu pelayanan ini tidak bisa 100% karena adanya masalah teknis lapangan dan jangkuan wilayah. Agar rasio elektrifikasi nya tercapai kedepan pemerintah melalui PLN akan melakukan pemasangan Independent Home Solar System (panel surya) di daerah – daerah yang sulit atau terpencil,” jelas Jonan setelah melakukan kunjungan di PLTU Paiton.

Upaya lain yang patut untuk ditiru menurut Jonan adalah komitmen yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo dengan memberikan bantuan sambungan listrik gratis bagi masyarakat tidak mampu. Dimana sebelumnya tercatat sebanyak 2.100 rumah belum memiliki kemampuan memasang jaringan listrik pribadi, meskipun disekitar mereka sudah ada jaringan distribusi listrik PLN.

Sementara alokasi APBN untuk fasilitas pemasangan jaringan gratis dan panel surya untuk masyarakat juga bisa dimanfaatkan namun terbatas. Saat ini tersisa 125.000 paket untuk dialokasikan di seluruh wilayah Indonesia.

“Oleh Karena itu kami menghimbau kepada daerah terutama di Jawa dan provinsi besar lainya yang notabene memiliki APBD besar, diharapkan untuk menyisihkan sebagian alokasi APBD untuk membantu melakukan sambungan listrik gratis kepada masyarakat yg kurang mampu, agar mereka juga bisa menikmati listrik,” tandasnya.

Sementara itu Bupati Tantri menambahkan, selain untuk mengunjungi Pos Pengamanan Gunung Bromo dan Kompleks PLTU Paiton kedatangan Menteri ESDM di Kabupaten Probolinggo adalah untuk membahas rencana penambahan jaringan gas bumi untuk rumah tangga (Jargas) di Kabupaten Probolinggo.

Dimana saat ini Pemerintah tengah berkomitmen untuk terus mendorong dan mempercepat program jargas. Setiap tahunnya, pemerintah mengeluarkan dana APBN untuk menambah jaringan gas rumah tangga di berbagai daerah. Sehingga semakin banyak masyarakat yang merasakan manfaat besar penggunaan gas bumi.

Bupati Tantri menyebutkan pada tahun 2019 ini tiga wilayah kecamatan di pastikan akan terpasang Jargas, yaitu kecamatan Tongas, Sumberasih, dan Dringu. Untuk sementara akan diaplikasikan pada 5.000 rumah tangga dari target 10.000 KK.

“Kami sudah sampaikan kepada bapak Menteri bahwa rakyat Kabupaten Probolinggo siap untuk menerima program jaringan gas itu. Nantinya setelah target di tiga wilayah tersebut terlampaui, selanjutnya kecamatan Leces dan Gending juga siap untuk menerima program tersebut,” pungkasnya. (dra)