Senin, Desember 10, 2018
Beranda > Pemerintahan > Kasdivif 2 Kostrad Pimpin Upacara Penutupan TMMD ke-102

Kasdivif 2 Kostrad Pimpin Upacara Penutupan TMMD ke-102

Reporter : Syamsul Akbar
GADING – Kasdivif 2 Kostrad Brigjen TNI Haryanto memimpin upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 tahun anggaran 2018 oleh Kodim 0820 Probolinggo di Lapangan Desa Condong Kecamatan Gading, Rabu (8/8/2018) pagi. Upacara penutupan ini diikuti oleh personil TNI/Polri, Satpol PP, Dishub, Banser, PPM, FKPPI, pramuka dan pelajar.

Pelaksanaan TMMD ke-102 ini dilakukan di Desa Wedusan Kecamatan Tiris selama 30 hari mulai 10 Juli hingga 8 Agustus 2018 dengan mengambil tema Manunggal Membangun Karakter Generasi Milineal.

Upacara penutupan TMMD ke-102 ini dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo R. Tjahjo Widodo, SH., M.Hum, pejabat dari Kodam V/Brawijaya dan Korem 083/BDJ Malang, Forkopimda Kabupaten/Kota Probolinggo, sejumlah Kepala OPD, Forkopimka Tiris dan Gading, para alim ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat dan pimpinan organisasi kemasyarakatan. Serta para kepala desa dan perangkat desa yang ada di Kecamatan Tiris.

Penutupan TMMD ke-102 ini ditandai dengan penandatanganan naskah penyerahan dan penerimaan proyek TMMD ke-102 dari Dandim 0820 Probolinggo Letkol Kav Depri Rio Saransi kepada Pj Bupati Probolinggo Tjahjo Widodo.

Pj Bupati Probolinggo R. Tjahjo Widodo menyampaikan ucapan terima kasih atas proyek TMMD ke-102 di Desa Wedusan Kecamatan Tiris yang dilaksanakan oleh Kodim 0820 Probolinggo di wilayah Kabupaten Probolinggo. Terutama pada pembangunan jalan sepanjang 1.300 meter.

“Kalau naik kesana sangat sulit, Pemerintah Daerah sudah beberapa kali memperbaiki tetapi begitu terkena hujan rusak lagi. Padahal jalan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk mengangkut hasil pertanian dan perkebunan,” katanya.

Tjahjo Widodo menerangkan bahwa kegiatan TMMD ke-102 ini juga diisi dengan merenovasi 1 masjid dan 1 musholla serta rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 10 unit dari keluarga miskin.

“TMMD ke-102 juga diisi dengan kegiatan non fisik seperti penyuluhan hukum dan sosialisasi berwirausaha yang bagus dari HIPMI. TMMD ini sangat luar biasa untuk mendorong masyarakat dalam membangun desanya,” tegasnya.

Sementara Kasdivif 2 Kostrad Brigjen TNI Haryanto mengungkapkan TMMD ke-102 ini bertujuan untuk bisa membantu meringankan kesulitan masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Probolinggo sekaligus untuk mencari pemecahan permasalahannya.

“Salah satunya membuka jalan sepanjang 1.300 meter, rehabilitasi dan bedah rumah serta tempat ibadah. Itulah salah satu wujud yang diinginkan oleh TNI AD bersama Polri dan Pemerintah Daerah yang dimotori Kodam V Brawijaya untuk membantu kesulitan masyarakat,” katanya.

Dengan selesainya kegiatan TMMD ke-102 ini Brigjen TNI Haryanto mengharapkan agar hasil dari TMMD ini bisa dipelihara dalam kurun waktu yang lama dalam membantu kelancaran kegiatan masyarakat. “Terutama dalam hal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat baik dalam bidang pertanian maupun transportasi,” pungkasnya.

Penutupan TMMD ke-102 ini dimeriahkan dengan pertunjukan Tari Remo dari Sanggar Tari Panji Laras Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo, binaan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Probolinggo.

Kegiatan ini diakhiri dengan peninjauan stand produk unggulan Kabupaten Probolinggo di lokasi penutupan TMMD ke-102 di Lapangan Desa Condong Kecamatan Gading. (wan)