Rabu, September 19, 2018
Beranda > Pendidikan > Karnaval dan Potong Tumpeng Warnai Puncak Peringatan HAI ke-53

Karnaval dan Potong Tumpeng Warnai Puncak Peringatan HAI ke-53

Reporter : Syamsul Akbar
BESUK – Sebagai puncak dari peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) ke-53 tahun 2018 di Kecamatan Besuk, PKBM Insan Cendekia Kecamatan Besuk bekerja sama dengan TPQ Nurul Istiqomah menggelar karnaval, Minggu (9/9/2018).

Karnaval yang mengambil start di Balai Desa Jambangan- dan finish di halaman TPQ Nurul Istiqomah Desa Jambangan Kecamatan Besuk ini diikuti oleh 400 orang peserta. Terdiri dari santri dan walisantri, warga belajar keaksaraan dan kesetaraan, warga belajar membatik, Bunda-bunda Pos PAUD, aparat desa dan masyarakat di Kecamatan Besuk.

Puncak peringatan HAI ke-53 ini juga diisi dengan pemotongan tumpeng tasyakuran oleh Camat Besuk Teguh Prihantoro didampingi Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo. Serta pengumuman hasil lomba calistung (membaca, menulis dan berhitung) dan drama singkat.

Sekaligus penyerahan hadiah kepada para pemenang. Untuk lomba calistung, juara 1 diraih Listina, juara 2 diraih Maimuna dan juara 3 diraih Khusnul Khotimah. Sementara juara drama singkat sosio drama diraih Mistina, Listina dan Sofia. Hadiah ini diserahkan oleh Camat Besuk Teguh Prihantoro didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Besuk Ny. Wika Indah Sari Teguh Prihantoro.

Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo mengaku sangat bersyukur dan bahagia sekali melihat semangat dan antusias warga belajar dan masyarakat Desa Jambangan untuk memajukan wawasan, pengetahuan dan keterampilan agar tidak ketinggalan zaman.

“Harapannya PAUD dan PNF (Pendidikan Non Formal) akan semakin dikenal, diminati dan menjadi tumpuan penyelesaian kesenjangan pendidikan masyarakat. Sebagaimana amanah dari Undang-undang (UU) Sisdiknas, PNF berfungsi untuk mengganti, menambah dan melengkapi layanan pendidikan formal. Tahun depan, peringatan HAI akan diagendakan lebih meriah dengan bazar yang lebih menarik,” harapnya.

Sementara Camat Besuk Teguh Prihantoro menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas antusias masyarakat Desa Jambangan Kecamatan Besuk yang luar biasa semangatnya. Serta rasa kebersamaannya patut diacungi jempol. Semangat warga belajarnya hebat bahkan pintar bermain drama.

“Melalui peringatan HAI ini, saya mengajak kepala desa dan aparat desanya semakin peka dan responsif terhadap kegiatan-kegiatan pendidikan masyarakat mulai PAUD, TK, kesetaraan keaksaraan dan pendidikan ketrampilan lainny agar semakin maju desanya. Membangun sinergi dan pola kemitraan sebagaimana yang telah digagas dan dirintis oleh Penilik Diktara melalui pemberdayaan satuan PKBM, Pos PAUD, sekolah PKH, desa vokasi, keaksaraan di kampung KB dan lain sebagainya,” pungkasnya. (wan)