Rabu, September 19, 2018
Beranda > Pendidikan > K3MI Krucil Gelar MI Kecamatan Krucil Scout Cellenge

K3MI Krucil Gelar MI Kecamatan Krucil Scout Cellenge

Reporter : Syamsul Akbar
KRUCIL – Kelompok Kerja Kepala Madrasah Ibtidaiyah (K3MI) Kecamatan Krucil menggelar Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kecamatan Krucil Scout Cellenge di Bumi Perkemahan Cemoro Sewu Krucil, Minggu hingga Selasa (9-11/9/2018). Dalam kesempatan tersebut juga digelar Ajang Kompetensi Seni & Olahraga Madrasah (Aksioma) dan peringatan Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah.

Perkemahan pramuka ini diikuti oleh 1.016 orang peserta dari 33 lembaga MI se-Kecamatan Krucil. Dimana tiap lembaga mengirimkan 2 (dua) regu putra dan putri yang beranggotakan 10-15 anak setiap regunya.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua (Waka) Binamuda Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Hasin, Minggu (9/9/2018). Turut mendampingi Ketua Kwarran Gerakan Pramuka Krucil, Pengawas RA/MI Kecamatan Krucil Abdul Hamid serta ketua panitia Muhammad Dahri.

Wakil Ketua Binamuda Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Hasin menyampaikan pentingnya perkemahan pramuka sebagai ajang bersilaturrahim, berlatih kepemimpinan, berlatih kepribadian/berkarakter dan sebagai wahana kreatif, berdedikasi, berinovasi, berterampil/bekerja sama sesama teman. Semua ini diperlukan dalam rangka menghadapi tantangan hidup ke depan. Seperti perkembangan zaman dengan majunya teknologi yang sangat luar biasa serta maraknya konsumsi minuman terlarang, sabu-sabu dan narkoba yang berbahaya dan merusak kepada tubuh manusia.

“Oleh karena itu seorang pramuka harus sehat, cerdas, peduli/terampil dan taqwa, beriman serta berakhlakul karimah. Serta menjaga sholat 5 (lima) waktu. Utamakan untuk selalu berjamaah,” katanya.

Selama 3 (tiga) hari perkemahan, ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan. Seperti kegiatan kepramukaan yang meliputi lomba-lomba meliputi pionerring, sandi, ketangkasan, teknologi tepat guna, api unggun, dan penjelajahan. Kegiatan berikutnya adalah Aksioma yang terdiri dari atletik dan lomba seni.

“Untuk atletik meliputi lari sprint putra dan putri, tolak peluru, lompat jauh dan lempar bola/kasti. Selain itu bulutangkis, futsal dan catur. Sementara untuk lomba seni mencakup pidato 3 bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab), puisi, kaligrafi, MTQ dan melukis,” kata ketua panitia Muhammad Dahri.

Perkemahan pramuka ini akan diakhiri dengan kegiatab pawai ta’aruf/ jalan sehat santri pada Selasa (11/9/2018) dengan jarak tempuh sekitar 3 kilometer. Rute yang dilalui diawali dari Lapangan Cemoro Sewu Krucil – Pasar Krucil – Kantor Kecamatan Krucil – KUD Argopuro – Rumah Kaffe dan kembali lagi ke Lapangan Cemoro Sewu Krucil. (wan)