Minggu, Juni 24, 2018
Beranda > Kemasyarakatan > Indahnya Kebersamaan Dalam Membangun Wilayah

Indahnya Kebersamaan Dalam Membangun Wilayah

Reporter : Thery

TIRIS – Babinsa sudah dipandang familiar dalam lingkungan masyarakat tempat kerjanya. Lingkungan desa sebagai tempat bekerja seakan menjadi rumah kedua selain rumah tempat bernaung anak dan istrinya. Pekerjaan apapun yang dibutuhkan untuk bisa membantu meringankan pekerjaan orang banyak/kelompok di desa.

Namun, walaupun sudah familiar dengan seorang babinsa, pandangan kita yang sudah umum juga bahwa masyarakat tidak akan menjadi aneh dengan kehadiran kita (tentara) ternyata, gambaran itu menjadi salah. Mudahnya kita menerka karena kebiasaan, tidak sama dengan realita di lapangan. Bukti yang dapat diberikan sebagai gambaran adalah pekerjaan yang selalu dinaungi dengan kebersamaan dari masyarakat.

Alasan lainnya adalah, silakan tengok ke Desa Wedusan Kecamatan Tiris. Banyak material yang teronggok di pinggir jalan atau di depan halaman rumah.

Belum lagi peralatannya. Semuanya dapat disaksikan dengan amannya barang dan material itu berada di Desa Wedusan. Jawabannya adalah, masyarakat sangat merindukan kebersamaan yang bisa saling rasa untuk membantu. Kebetulan, penilaian ada di Desa Wedusan untuk TMMD ke-102 yang diselenggarakan Kodim 0820 Probolinggo.

Jawaban lain adalah, rencananya bahwa pasukan BKO TMMD untuk bekerja yang akan hadir awal Juli tinggal bersama-sama di rumah masyarakat. Di saat diberikan ke masyarakat semuanya tidak keberatan.

“Untuk 100 orang lebih mencari tempat di rumah penduduk ternyata banyak warga yang menawarkan agar rumahnya yang ditempati,” tegas Pabung 0820 Probolinggo Mayor Arh Ciptadi. (*)