Senin, Juli 23, 2018
Beranda > Pemerintahan > Gubernur Lantik R. Tjahjo Widodo sebagai Pj. Bupati Probolinggo

Gubernur Lantik R. Tjahjo Widodo sebagai Pj. Bupati Probolinggo

Reporter : Yono
SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo melantik R. Tjahjo Widodo, SH, M.Hum sebagai Penjabat (Pj.) Bupati Probolinggo, Selasa (13/3/2018). Acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan yang digelar di Gedung Negara Grahadi Surabaya itu disaksikan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jawa Timur, Forkopimda masing-masing daerah, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur beserta pejabat Pemprov, pejabat dari masing-masing daerah dan undangan lainnya.

Selain R. Tjahjo Widodo yang sehari-harinya menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Wilayah Pemerintahan dan Pembangunan (Baperwil) V Jember, pagi itu juga dilantik Pj. Bupati Bojonegoro, Suprianto yang sehari-harinya menjabat sebagai Asisten I Sekdaprov Jatim; Pj. Bupati Sampang, Jonathan Judianto; dan Pj. Bupati Bangkalan I Gusti Ngurah Indra Setiabudi Ranuh yang sehari-hari sebagai Kepala Baperwil IV Pamekasan.

R. Tjahjo Widodo menggantikan Hj. Puput Tantriana Sari, SE yang berakhir masa jabatannya tanggal 20 Pebruari 2018.Keempat daerah yang kini dipimpin Pj. Bupati tersebut bersama 9 kabupaten dan kota lainnya akan menggelar pilkada serentak pada tanggal 27 Juni 2018. Di Jatim, jumlah keseluruhan pilkada sebanyak13 kabupaten dan 5 kota, plus pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur.

Pada sambutannya Gubernur Soekarwo menyampaikan selamat kepada Penjabat Bupati yang dilantik hari itu. Gubernur Soekarwo mengingatkan Penjabat Bupati untuk melaksanakan tugas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan secara efesien dan efektif sampai pelantikan bupati dan wakil bupati hasil pemilihan kepala daerah.

Ditegaskan Gubernur Soekarwo, para Penjabat Bupati agar tetap menjalankan program yang telah berjalan dan bersentuhan langsung dengan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, yakni pendidikan, kesehatan, dan pelayanan publik.

Terkait Pilkada, Gubernur menekankan agar Penjabat Bupati memfasilitasi penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.”Jaga netralitas PNS agar demokrasi kita semakin berkualitas.” ungaknya.

Penjabat Bupati mempunyai tugas penyelenggaranan pemerintahan di kabupaten masing-masing. Oleh karena itu, penjabat Bupati diminta untuk melakukan konsolidasi birokrasi pemerintahan yang ada, serta menjalin komunikasi dengan Forkopimda dan DPRD. “Bangunlah sinergitas untuk membangun Probolinggo dengan berbagai elemen masyarakat,” ajak Gubernur Soekarwo.

Sementara R. Tjahjo Widodo usai pelantikan mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas amanah yang dipercayakan kepadanya sebagai Penjabat Bupati Probolinggo. “Terimakasih atas kehadiran Forkompinda dan pejabat Kabupaten Probolinggo. Saya bisa merasakan keguyuban ini yang menampakkan bahwa pembangunan di Kabupaten Probolinggo dapat perjalan baik berkat koordinasi yang baik juga,” ujarnya.

Ditambahkannya, sebagai Penjabat Bupati dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan harus menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik dengan DPRD, Forkopimda dan berbagai elemen masyarakat Kabupaten Probolinggo. “Kami akan segera bersilaturrahmi dengan DPRD, Forkopimda dan pemangku kepentingan yang lain agar sinergitas dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Probolinggo dapat terus berjalan baik,” jelasnya

Usai pelantikan Penjabat Bupati oleh Gubernur, acara pagi itu dilanjutkan dengan
Penyerahan Keputusan Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua Tim Penggerak (TP) PKK dan Plt. Ketua Dekranasda Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Sampang, Kabupaten Bangkalan dan Kabupaten Bojonegoro oleh Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Timur.

Keputusan Plt. tersebut diserahkan oleh Ny. Nina Kirana Soekarwo kepada Ny. Tri Juningsih Tjahjo Widodo sebagai Ketua TP PKK dan Dekranasda Kab. Probolinggo, Ny. Narti Supriyanto sebagai Ketua TP PKK dan Dekranasda Kab. Bojonegoro, Ny. Annie Retnowati Indra Ranuh sebagai Ketua TP PKK Kab.Bangkalan dan Ny. Anna Eko Prapti Jonathan sebagai Ketua TP PKK. Kab. Sampang.(i0n)