Rabu, September 19, 2018
Beranda > Pendidikan > GOPTKI Gelar Seminar Penguatan Tenaga Pendidik

GOPTKI Gelar Seminar Penguatan Tenaga Pendidik

Reporter : Mujiono
KRAKSAAN – Interaksi sosial anak yang rendah dapat mengalami gangguan yang akan membuat anak semakin dijauhi oleh lingkungan. Menyikapi hal itu, Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI) Kabupaten Probolinggo menyelenggarakan seminar penguatan tenaga pendidik dengan tema “Pengasuhan Ramah Anak dan Komunikasi Positif Untuk Membentuk Karakter Anak” di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo, Rabu (7/3/2018).

Acara ini dibuka secara resmi oleh Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Probolinggo Muh Happy didampingi Ketua GOPTKI Kabupaten Probolinggo Ny. Sudjilawati Soeparwiyono dan para pengurus GOPTKI Kabupaten Probolinggo.

Sosialisasi ini diikuti 450 orang peserta terdiri dari para Sekretaris Kecamatan (Sekcam), IGTKI Kabupaten Probolinggo, IGTKI Kecamatan, guru TK, Pengawas TK dan Kader Posyandu Kecamatan se-Kabupaten Probolinggo. Sebagai narasumber hadir dra. Rachmi Aida yang berperan sebagai Ketua Tim Pengelola Pusat Layanan Autis (PLA) atau Autis Center Kota Blitar.

Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Probolinggo Muh Happy menyatakan bahwa pendidikan merupakan salah satu kebutuhan terpenting untuk membentuk karakter anak, baik dari perkembangan maupun pertumbuhan IQ anak. Ini semua merupakan tanggung jawab orang tua terhadap perkembangan anak.

“Dengan adanya pendidikan secara formal maupun non formal sangat menunjang bagi pertumbuhan serta perkembangan kecerdasan anak. Untuk pendidikan non formal adalah tanggung jawab seorang ibu selaku orang tua terhadap perkembangan anak. Pendidikan formal juga tidak kalah pentingnya guna menambah pengetahuan untuk membentuk karakter anak, ” ungkapnya.

Sementara dra. Rachmi Aida memaparkan, orang tua mendidik anaknya untuk menentukan masa depan anak. Anak yang menerima pola asuh diberikan bimbingan dan perhatian positif memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi, keberhasilan akademis dan memiliki rasa moralitas yang kuat. (y0n)