Rabu, Desember 12, 2018
Beranda > Pemerintahan > Fraksi DPRD Jawab Pendapat Bupati Terhadap Tiga Raperda Inisiatif

Fraksi DPRD Jawab Pendapat Bupati Terhadap Tiga Raperda Inisiatif

Reporter : Syamsul Akbar
PAJARAKAN – Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Probolinggo, Jum’at (12/10/2018) pagi memberikan jawaban atas pendapat Bupati Probolinggo terhadap 3 (tiga) Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Inisiatif dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Probolinggo.

Rapat paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Wahid Nurrahman ini dihadiri anggota DPRD Kabupaten Probolinggo. Dari eksekutif hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H Soeparwiyono serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

Dalam Jawaban Fraksi-fraksi DPRD (Fraksi Nasdem, Fraksi Golkar, Fraksi PDIP-Hanura, Fraksi Kebangkitan Bangsa, Fraksi PPP dan Fraksi Gerindra) yang dibacakan oleh Hafiluddin Faqih menyampaikan tentunya pandangan, pertanyaan, pendapat, harapan maupun himbauan yang ada akan menambah kualitas proses pembahasan Raperda tentang Penyertaan Modal BUMD, Penyelenggaraan Perlindungan Perempuan dan Anak serta Pengelolaan Air Limbah Domestik.

Hal ini menunjukkan kepada semua pihak akan adanya perhatian dan rasa tanggung jawab serta kesungguhan dari Bupati Probolinggo terhadap berbagai hal yang berkaitan dengan pembahasan Tiga Raperda Inisiatif DPRD Kabupaten Probolinggo. Proses semacam ini tentu memberikan manfaat yang sangat berharga, karena telah tercipta suasana asih, asah dan asuh diantara penyelenggara pemerintahan Kabupaten Probolinggo.

Terkait Raperda Perlindungan Perempuan dan Anak, Fraksi-fraksi DPRD menyampaikan dengan terbentuknya Perda Perlindungan Perempuan dan Anak, dimana perempuan dan anak merupakan salah satu unsur yang berpengaruh terhadap kemajuan pembangunan sehingga dengan terlindunginya perempuan dan anak maka pembangunan yang berbasis perempuan dan anak bisa berjalan sesuai harapan.

Selanjutnya, terkait Raperda Penyertaan Modal BUMD, semua fraksi memandang sangat perlu segera direalisasikan. Namun dengan adanya penyertaan modal PDAM ini harus diiringi oleh adanya peningkatan kualitas pelayanan, khususnya dalam rangka pengadaan air bersih yang layak bagi masyarakat. Karena masih banyak daerah pelosok Kabupaten Probolinggo yang masih belum tersentuh oleh pelayanan air bersih PDAM. Selain itu adanya penyertaan modal ini PDAM harus benar-benar bisa memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap PAD Kabupaten Probolinggo.

Terkait dengan anggaran untuk menunjang 3 (tiga) Raperda ini dianggap perlu dan sepenuhnya Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Probolinggo akan menyetujui/sepakat dalam hal ini untuk dianggarkan sesuai dengan efesiensi anggaran.

Kepada Bupati Probolinggo, Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Probolinggo menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya dan sepakat bahwa apa yang telah disampaikan akan ditindaklanjuti dan diperhatikan. Serta dipertegas lebih mendalam melalui panitia khusus (pansus) dalam pembahasan 3 (Tiga) Raperda Inisiatif DPRD bersama dengan Organisasi Perangkat Daerah terkait. (wan)